4 Perusahaan Raksasa Teknologi yang Berawal di Garasi

0
372

4 Perusahaan Raksasa Teknologi yang Berawal di Garasi

Apple, Microsoft, Google dan Amazon adalah beberapa perusahaan raksasa teknologi yang mencatat pendapatan rata-rata diatas $50 miliar USD, kantor besar, fasilitas lengkap dan ribuan karyawan. Tapi tahukah kalian kalau empat nama besar perusahaan diatas berawal hanya dari garasi ruamh sederhana?.

1. Apple

Perusahan yang didirikan oleh Steve Paul Jobs dan Steve Wozniak ini memulai perjalan mereka mendirikan perusahaan teknologi paling bernilai di dunia melalui garasi.

Pada tahun 1976, Jobs bersama teman karibnya Steve Wozniak merintis Apple di garasi rumah Jobs. Keduanya kala itu masih berusia 21 tahun dan 26 tahun.

Steve menjual saat pertama kali yaitu Apple Computers dengan menjual 50 unit Apple I Computer buatan Wozniak. Perangkat tersebut dijual dengan harga 500 dollar AS per unit kepada peritel lokal di di Cupertino, California, Amerika Serikat.

Lewat penjualan produk-produk gadget andalannya, termasuk iPhone, Apple berhasil meraup pendapatan hingga mencapai 31,4 miliar USD.

Pendapatan tersebut berhasil Apple raih selama semester pertama hingga pertengahan tahun 2015.

Apple-Computers-Steve-Jobs-garage

2. Microsoft

Bill Gates and Paul Allen pada tahun 1975 mendirikan Microsoft. Mereka memulai dengan sumber daya yang sangat terbatas dan mereka memulai bisnis dari garasi.

Pada tahun 1983Microsoft mengumumkan pengembangan sebuah antarmuka grafis untuk sistem operasi buatannya, MS-DOS yang telah dibuat untuk sistem IBM PC dan kompatibelnya semenjak tahun 1981.

Perusahaan kini telah menjadi sebagian besar sukses. Pada 2008, Microsoft memiliki pendapatan tahunan global US $ 60,42 miliar dan hampir 90.000 karyawan di 105 negara. Ini mengembangkan, memproduksi, lisensi, dan mendukung berbagai macam perangkat lunak produk untuk perangkat komputasi.

microsoft

3. Google

Siapa yang tak kenal dengan Google. Bagi semua peselancar dunia cyber pasti sudah sangat akrab dengan Om Google ini. Google sangat terkenal dengan mesin pencari di dunia maya.

Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin saat masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford.

Larry Page dan Sergey Brin memulai menjalankan bisnisnya pada 1998. Mereka memulai bisnis darigarasi, yang terletak di Menlo Park, California. Selama 5 bulan awal dan 3 orang staff Google, bekerja di dalam garasi.

Kebanyakan dari pendapatan Google berasal dari program periklanan. Untuk keuangan tahun 2006, perusahaan ini dilaporkan mendapat jumlah keuntungan periklanan sebesar $10,492 miliar dan hanya $112 juta pada pendapatan lisensi dan lainnya.

google

4. Amazon

Amazon.com didirikan oleh Jeff Bezos tahun 1994 dan mulai dilauncihing Juni 1995 di Seattle.

Pria Kelahiran Albuquerque, New Mexico 12 Januari 1964 ini sejak kecil sudah menunjukkan bakatnya di bidang teknik. Sehingga Jeff kemudian kuliah di Jurusan Ilmu Komputer dan Teknik Listrik Universitas Princeton.

Bermula dari garasi yang disewanya di Seattle, dengan meja yang dibuat dari pintu rumah bekas. Amazon.com saat itu tidak menyetok buku namun mereka bekerja sama dengan penerbit yang akan mengirimkan buku.

Nick Hanauer adalah investor pertama yang menginvestasikan uang sebesar $40.000. Selanjutnya yaitu Tom Alburg yang tertarik menginvestasikan $100.000 ke Amazon.com yang sangat membantu perusahaan ini untuk menciptakan situs yang berkualitas tinggi.

Kini Amazon.com menjadi toko online terbesar, pada tahun 2015, Amazon berhasil menghasilkan pendapatan senilai USD107 miliar, dengan laba bersih senilai USD596 juta. Bahkan, capital market Amazon melampaui Walmart sebagai perusahaan department store terbesar di Amerika Serikat (AS)

garasi_amazon

Berita sebelumyaLaptop dan IPad Dilarang Bawa ke Kabin Pesawat ?
Berita berikutnyaWaduh, Ternyata Candi Borobudur Juga Ada Di Eropa?