OnePlus Akui Kesalahan Karena Telah Mengambil Data Para User

0
240

Beberapa waktu lalu, pabrikan ponsel asal China, OnePlus dikabarkan secara diam-diam mengambil data penggunanya. Tentu hal tersebut sangat disayangkan karena OnePlus berarti telah melanggar hak privasi para penggunanya.

Kabar tersebut pun diakui oleh OnePlus lewat pernyataan resmi di situs resmi mereka. Pada laporan tersebut, OnePlus akui kesalahan jika OxygenOS telah mengumpulan data pribadi para pengguna yang memakai smartphone OnePlus.

Tapi, perusahaan itu menjelaskan kenapa mereka melakukan hal yang melanggar hak privasi penggunanya ini. Ada dua alasan yakni untuk analisis penggunaan perangkat dan juga untuk informasi dari perangkat yang digunakan.

“Lebih memahami perilaku pengguna ponsel secara umum dan mengoptimalkan OxygenOS untuk memberikan pengalaman pengguna secara keseluruhan yang lebih baik,” jelas OnePlus.

OnePlus pun memberikan tips bagi penggunanya untuk menghindari pengkoleksian data oleh mereka yakni dengan masuk ke SettingsAdvanced dan masuk ke Join user experience program.

“Alasan kami mengumpulkan beberapa informasi perangkat adalah memberikan dukungan purna jual yang lebih baik,” ujar OnePlus.

Selain mengakui kesalahan, OnePlus juga berjanji untuk menghentikan pengumpulan data penggunanya seperti nomor telepon, MAC Address dan informasi jaringan WiFi pada akhir Oktober mendatang. Nantinya, pengguna OnePlus akan memiliki opsi untuk bisa ikut atau tidak ke program Join User Experience.

“Sementara pengumpulan data adalah praktik standar di industri, kami menyadari bahwa pengguna kami memiliki hak untuk memahami bagaimana dan mengapa hal itu dilakukan,” kata OnePlus.

Berita sebelumyaYamaha Produksi Mio Tubeless Untuk Rider Wanita Berkendara di Malam Hari
Berita berikutnyaPrabowo Berambisi Menangkan Mandat Dari Rakyat di Pilpres 2019