Tips Mengatasi Rem Blong Saat Dijalan Raya

0
318

Alangkah baiknya memeriksa dahulu kondisi kendaraan agar aman dan selamat sampai tujuan. Salah satu contoh yang perlu periksa adalah rem. Periksalah kondisi rem secara berkala seperti volume minyak rem, kondisi piston dan kanvas rem hingga selang minyak rem, jangan sampai ketika kamu sedang asyik berkendara justru kamu harus mengalami nasib sial karena rem blong.

Memeriksa minyak rem merupakan tahap dasar, namun merupakan hal terpenting. Jika sudah berubah warna menjadi coklat, maka harus diganti. Karena kualitas warna tersebut akan sangat mempengaruhi kualitas pengereman pada kendaraan tersebut.

Selanjutnya periksa pedal rem. Pedal rem yang masih bagus jika di injak dalam keadaan mesin mati akan ada tekanan dan saat mesin dinyalakan pedal tersebut akan sedikit kendor. Itu dapat dinyatakan bahwa pedal rem masih bagus.

Dilansir dari NTMC Polri Info, Jika mengalami rem blong saat mobil sedang berjalan atau sedang dijalan raya, maka apa yang perlu dilakukan ? Tentunya hal pertama jangan Panik atau gugup. Pertama-tama lakukanlah menurunan perseneling hingga ke gigi satu. Lakukan perlahan-lahan sambil menepi ke jalur sebelah kiri. Janagan lupa nyalakan lampu hazard.

Kemudian, pakailah rem tangan untuk menghentikan jalannya mobil. Berikanlah tanda ke pengemudi lain agar tahu kondisi kendaraan kita. Jika terpaksa harus menabrak, tabraklah sesuatu yang “Lunak dan aman”. Jika keadaan sangat mendesak atau urgent, carilah objek yang terlihat lunak, seperti pagar kayu, tanah, pasir, dll. Carilah benda yang terlihat dapat menyerap benturan. Carilah pertolongan, jangan mengendarai kendaraan itu lagi.

Itulah tips mengatasi rem blong, janganlah lupa untuk tetap berdoa dan selalu keep savety. (CPA)

Berita sebelumyaInilah Beberapa Olahan Daging Kambing yang Lezat & Tidak Bikin Takut Gendut
Berita berikutnyaMobil Ayah Ayu Ting Ting Kena Tendang Sapi Saat Gelar Acara Kurban