Dituding Lupa Sejarah, Jubir Prabowo-Sandi: Banyak Pelanggaran HAM Di Era Jokowi

0
26
Jokowi-Prabowo (FotoSUARADEWAN.com)

Masuknya Eks Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Siane Indriani dalam kubu Prabowo-Sandi mendapat sindiran dari kubu Jokowi-Maaruf. Juru bicara (jubir) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Irma Suryani Chaniago menilai Prabowo Subianto ingin mengklarifikasi kasus pelanggaran HAM dengan memasukkan eks Komisioner Komnas HAM sebagai juru bicaranya. “Prabowo perlu mengklarifikasi kasus HAM-nya mungkin ya,” papar Irma Kamis (20/9).

Irma mengingatkan jubir Prabowo-Sandiaga agar tak lupa menuntaskan kasus HAM masa lalu, termasuk yang diduga dilakukan Prabowo. “Ya disayangkan saja kalau mereka sampai lupa apa yang dulu mereka perjuangkan, jangan lupa sejarah lah,” kata Irma.

Menangapi sindiran jubir Jokowi-Maaruf, Jubir Prabowo-Sandi Siane Indriani mengatakan banyak kasus pelanggaran HAM terjadi di era pemerintahan Joko Widodo (Jokowi).”Penggusuran, penganiayaan, pengambilan hak rakyat, reklamasi, banyak sekali,” jelasnya Kamis (20/9).

Hal ini disampaikan Siane guna menanggapi pernyataan Jubir Jokowi-Ma’ruf, Irma Suryani Chaniago yang menilai keputusannya menjadi jubir Prabowo-Sandiaga adalah tindakan yang lupa sejarah lantaran Prabowo terduga terlibat kasus penculikan dan penghilangan orang periode 1997-1998.

Siane menyatakan, tuduhan kepada Prabowo tersebut tidak benar. Sebab, menurutnya, Kejaksaan Agung sudah menyatakan tidak ada bukti yang cukup atas keterlibatan mantan Danjen Kopassus era Orba tersebut. “Itu sudah jadi komoditi politik setiap lima tahunan untuk jatuhkan Prabowo. Tahun 2009 kan Prabowo cawapres Megawati. Jangan lagi goreng masalah HAM,” kata Siane.

Lebih lanjut Siane menegaskan, lebih baik kubu Jokowi tidak menggunakan isu HAM untuk menyerang Prabowo. Sebab, menurutnya, masing-masing capres punya dosa HAM di masa lalu. Siane menyarankan agar Pilpres 2019 diisi dengan adu program dan gagagasan yang membangun bangsa ke depannya.

Berita sebelumyaPilpres Di Depan Mata, Yuks Intip Jadwalnya
Berita berikutnyaNikmatnya Kulineran Ditemani Sunset Jakarta di Regatta Beach Culinary