Cara Merawat Velg Mobil Agar Tetap Kinclong

0
261

Velg atau roda mobil biasanya terbuat dari aluminium atau magnesium alloy, yang berfungsi untuk menahan ban, dan sering cepat kotor karena merupakan bagian yang paling dekat dengan permukaan tanah.

Selain velg, penutup roda plastik atau dop untuk mempercantik roda juga harus dibersihkan berkala agar tampilannya tetap bersih serta mengkilap, juga mungkin menjadi lebih awet.

Tanpa dirawat dengan baik atau salah dalam menggunakan pembersih bisa membuat roda mobil Anda terlihat kusam. Oleh karena itu, pilihlah cairan pembersih yang tepat.

Berikut tips perawatan untuk roda mobil Anda:

1. Pilih spons busa besar atau kuas berbulu lembut. Permukaan roda mudah tergores, itu lah kenapa kami menyarankan untuk menggunakan bahan lembut untuk membersihkannya. Sikat gigi bekas adalah salah satu yang sangat baik untuk membersihkan roda.

2. Rendam spons dan atau sikat dalam air selama beberapa menit sebelum Anda menggunakannya.

3. Gunakan banyak air. Sediakan seember air untuk membilas spons atau sikat disela penggunaan. Dengan begitu, Anda tidak akan mentransfer kotoran dari air kembali ke roda.

4. Pastikan roda ban mobil Anda sudah dalam keadaan dingin sebelum membersihkannya, lalu bersihkan satu per satu untuk mendapatkan hasil optimal.

5. Jangan terburu-buru. Berikan waktu bagi cleaner untuk bekerja. Tergantung pada jenis pembersih yang Anda pilih, meninggalkannya pada roda selama satu menit atau lebih dan biarkan cairan pemebersih menghilangkan kotoran.

6. Bersihkan roda mulai dari atas baru ke bagian bawah, seperti yang Anda lakukan saat mencuci jendela. Dengan begitu, kotoran dan air tidak akan mengotori bagian yang sudah dibersihkan.

7. Bilas dan keringkan setiap roda segera setelah Anda selesai membersihkannya.

8. Pertimbangkan untuk menggunakan lapisan pelindung di permukaan roda setelah Anda selesai, yang akan membuat roda tidak cepat kotor kembali karena kotoran tidak mudah menempel.

Berita sebelumyaKPK Kembali Gelar OTT, Tiga Petinggi DPRD Mojokerto Kena Ciduk
Berita berikutnyaMemasuki Akhir Ramadhan, BUMN Bagikan Ratusan Paket Sembako ke Masyarakat