Kelebihan Memilih Mobil Diesel

0
326

Mobil pribadi seperti sedan dan SUV di negara-negara Eropa banyak sekali menggunakan mesin diesel. Sangat berbeda dengan di Indonesia, dimana mesin bensin mendominasi mobil pribadi. Meski saat ini tersedia beberapa tipe mobil pribadi dengan mesin diesel, tapi lebih banyak mobil niaga, bus, truk dan mesin industri yang menggunakan mesin diesel.

Kelebihan Mesin diesel pada mobil memang memiliki tingkat efisiensi yang lebih ketimbang mesin berbahan bakar bensin. Karena penggunaan mesin diesel ini lebih banyak digunakan pada kendaraan besar dan pengangkut seperti truk dan kendaraan niaga lainnya sekelas minibus dan bus kota

Berikut ini kelebihan dan keunggulan mesin diesel dibandingkan dengan mesin bensin.

Anti mogok

Dalam kontruksinya mesin tenaga diesel ini adalah mesin yang konvensional, tidak memerlukan sistem kelistrikan dalam pengoperasiannya sehingga kemungkinan mogok akibat gagal ignition tidak akan mungkin pernah terjadi karena memang mesin model ini tidak menggunakan busi, hanya besi pijar. Kalaupun mogok biasanya diakibatkan kurangnya perhatian pemilik seperti tidak mengganti saringan bahan bakar secara berkala dan sebagainya.

Hemat bahan bakar

Kelebihan mobil bertenaga diesel adalah hematnya penggunaan bahan bakar, coba bandingkan saja bila mobil berbahan bakar bensin mampu menempuh jarak hingga 7 sampai 10 kilometer per liternya, maka mobil bertenaga diesel ini mampu menempuh jarak 11 hingga 12 kilometer dengan konsumsi bahan bakar yang sama.

Torsi lebih besar tenaga lebih besar

Mesin diesel ini terkenal dengan tenaganya yang besar, dan itulah mengapa sebabnya mesin jenis ini diaplikasikan untuk kendaraan angkutan berat seperti truk, bus, minibus dan lain sebagainya. Hal ini akan sangat terasa bila kalian membandingkan tenaga dari mesin bensin dan mesin diesel pada medan berat seperti pendakian tentu mesin diesel adalah rajanya.

Kontruksi mesin lebih kokoh dan kuat

Kontruksi dari mesin diesel ini dibuat berbeda dengan mesin bensin, pada mesin diesel kontruksinya dibuat lebih kokoh dan kuat, hal ini dilakukan agar mesin mampu menahan kompresi yang tinggi ( ingat kompresi mesin diesel ini sangat tinggi dibanding mesin bensin ). Sehingga membuat mesin diesel ini jauh lebih awet ketimbang mesin bensin. Marcedes pernah memegang rekor terbaik mengenai ketahanan mesin dieselnya yang tidak mengalami kerusakan walaupun telah menempuh jarak kurang lebih 1.5 juta kilometer.

Bahan bakar solar lebih aman

Selama bertahun-tahun, diesel telah terbukti secara signifikan lebih aman daripada bensin biasa karena beberapa alasan. Pertama, diesel pada dasarnya lebih sulit untuk terbakar dan biasanya tidak akan meledak bila terkena sumber panas yang tinggi. Berikutnya, karena bahan bakar diesel tidak melepaskan uap seperti bahan bakar bensin, kemungkinan uap bahan bakar memicu dan menyebabkan kebakaran kendaraan jauh lebih rendah. Semua faktor ini berkontribusi memberikan perlindungan peningkatan bagi konsumen dalam hal kecelakaan mobil besar ketika mengemudi mobil mereka di jalan raya yang sibuk.

Berita sebelumya‘Hacker’ Bobol Sistem Keamanan SWIFT, Perbankan Rugi Besar
Berita berikutnya7 Makanan Yang Ampuh Mengatasi Bau Mulut