Tahun 2020 Polisi Dubai Patroli Pakai Motor Terbang Seharga Rp 2,2 Miliar

0
37

Padatnya lalu lintas membuat perusahaan Rusia yang bermarkas di California, Amerika Serikat, Hoversurf menghadirkan motor terbang bernama Hoverbike.

Motor terbang ini pertama kali dipamerkan pada teknologi Gitex di Dubai World Trade Center 8-12 Oktober 2018. Dalam pameran itu, kepolisian Dubai dan perusahaan drone terkemuka dari Rusia, telah menadatangani kesepakatan kerja sama pembuatan motor terbang.

Polisi Dubai memanfaatkan pameran dengan merilis motor terbang (Hoverbike) untuk memerangi kejahatan dan menerobos kemacetan lalu lintas. Kemungkinan besar, motor terbang itu sudah dapat digunakan polisi Dubai pada 2020 mendatang.

Hoverbike didesain mampu terbang hingga ketinggian 5 meter dari permukaan tanah. Ini adalah gabungan antara prototip motor pintar dengan robot mobil.

Hoverbike dilengkapi dengan baling-baling besar, masing-masing di sisi kiri-kanan pada bagian depan dan belakang.

Secara kasat mata, ini adalah sebuah perpaduan antara drone besar dengan motor. Hanya saya, drone ini mampu mengangkut seorang petugas polisi atau bisa juga dikendalikan menggunakan remote seperti drone pada umumnya.

Motor terbang ini diklaim mampu melaju hingga kecepatan maksimal 96 kilometer per jam, hoverbike dapat terbang selama 25 menit saat dikendarai dalam kondisi baterai penuh dan 40 menit jika tanpa pengendara. Motor tersebut memiliki daya angkut hingga 300 kilogram

Kepolisian Dubai di Uni Emirat Arab (UEA) telah mulai melatih dua perwiranya untuk menggunakan sepeda motor terbang. Demikian ditulis Kantor Media Dubai melalui akun Twitter-nya pada Jumat (9/11).

Langkah futuristik tersebut juga telah dikonfirmasi oleh Direktur Departemen Intelijen Buatan Kepolisian Dubai, Brigadir Khalid Nasser Al Razooqi, yang mengatakan hoverbike bakal digunakan kepolisian di seluruh kota.

“Kami memiliki dua petugas yang telah berlatih untuk mengendarai hoverbike. Ke depan akan kami tingkatkan jumlahnya,” kata Razooqi kepada Gulf News.

Berita sebelumyaMiliki 2 Ribu Pengemudi, Bonceng Gratiskan Langganan Hingga Akhir Tahun
Berita berikutnyaPPP Kubu Muktamar Jakarta Akan Tunjuk Ketum dan Rekonsiliasi