2019, Indonesia Punya Jalan Tol Dalam Terowongan Bawah Bukit

0
14
Foto: dok Kementrian PUPR

Truk-Truk besar terlihat mengangut gunungan tanah, di bagian lain dua buah terowongan telah menganga membelah perut gunung di sekitar Tanjung Sari, Sumedang, Jawa Barat.

Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), merupakan tol pertama di Indonesia yang menggunakan terowongan. Pembangunan terowongan tol Cisumdawu ini menggunakan metode New Austrian Tunneling Methods (NATM) yang memiliki sistem kerja cut and cover.

Foto Dok Kementrian PUPR

Jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) merupakan jalan tol sepanjang 61,6 kilometer pertama yang berada di dalam terowongan dibawah gunung mulai dari Bandung menuju bandara Kertajati, Majalengka. Waktu tempuh dari Bandung menuju Majalengka diperkirakan bisa ditempuh dalam waktu 45 menit saja.

Pembangunan jalan tol perdana dalam terowongan ini dibagi menjadi enam seksi, dan direncanakan rampung pada tahun 2019. Pengerjaan seksi 1-5 sudah mencapai 70 persen. Sedangkan Seksi 6 masih menunggu proses lelang.

Seksi 1 membentang dari wilayah Cileunyi-Rancakalong sepanjang 11,45 kilometer. Seksi 2 dari Rancakalong-Sumedang sepanjang 17,5 kilometer. Pada seksi ini, terdapat dua terowongan kembar dengan panjang 472 meter dengan diameter selebar 14 meter.

Sedangkan Seksi 3 dari Sumedang-Cimalaka sepanjang 3,7 kilometer. Seksi 4 dari Cimalaka-Legok sepanjang 7 kilometer, seksi 5 dari Legok-Ujungjaya sejauh 16,35 km, dan Seksi 6 dari Ujungjaya-Dawuan sepanjang 4 Km.

Arie Setiadi Moerwanto, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), mengatakan akses Gerbang Tol Cisumdawu berada di sekitar Tanjung Sari, Sumedang.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) optimis pembangunan proyek jalan tol Cisumdawu dapat rampung pada akhir 2019. Ini lebih cepat dari target yang sudah ditetapkan dalam kontrak, yakni pada 2020.

Berita sebelumyaDulu Buku Nikah, Kini Jadi Kartu Nikah
Berita berikutnyaCatering Ini Jadi Langganan Kementrian hingga Istana Negara