Perasaan Dan Tantangan Terberat Ketika Bekerja di Formula 1

0
250

Berkabar.id – Bisa bekerja di Formula 1 memang sangat sulit, namun dengan kerja keras, semangat, dan keberuntungan, siapa pun dapat berkarier di sana.

Kehidupan aerodinamis cukup jauh berbeda dengan dunia balapan, lalu bagaimana Anda bisa bekerja di Formula 1?

Narasumber menceritakan saat dirinya mengenyam pendidikan S3, ia menghubungi seorang temannya yang sudah bekerja di Formula 1 dan menanyakan apakah perusahaannya menerima magang untuk siswa?

Setelah mendapatkan kabar baik, sang ahli aerodimanis tersebut memberikan CV-nya kepada kepala aerodinamis melalui perantara temannya.

Tak lama berselang sang ahli dipanggil untuk melakukan wawancara dan berhasil diterima magang pada musim panas. Meskipun tidak dibayar oleh pihak departemen aero, sang ahli merasa beruntung karena bisa mengenal beberapa orang di F1.

Lalu apa tantangan terbesar Anda saat bekerja di F1?

Bekerja di F1 tidaklah mudah, dan selalu ada tantang besar di depanmu, tapi saya memilih pekerjaan ini. Setiap harinya masing-masing pekerja bertanggung jawab atas area mobil dan kita memiliki target dengan waktu yang singkat.

Namun inilah uniknya olahraga, memang sulit tapi tidak bosan. Setiap harinya kita termotivasi untuk memperbaiki kesalahan dan memperbaiki kinerja. Tidak jarang saat berbaring di tempat tidur, saya masih memikirkan ‘bagaimana cara agar saya mampu memperbaiki desain?’, menganalisis hal tersebut dan mengambil keputusan untuk bisa melangkah maju.

Nasihat apa yang akan Anda berikan untuk para pekerja di F1?

Pelajari dasar-dasar dulu, lalu terus bekerja keras, dapatkan pengalaman dan jangan pernah menyerah. Memasuki F1 tidaklah mudah, jadi orang harus pandai melihat peluang termasuk di industri lain. Anda bisa mendapatkan pengalaman yang sangat bagus di bidang otomotif atau aerospace, dan jika terus mendorong diri untuk melangkah maju kesempatan akan datang kepadamu dengan sendirinya.

Selain itu, sangat penting untuk memperluas jaringan atau relasi. Mengenal banyak orang dan memiliki relasi yang tepat akan sangat membantu. Ingat, F1 bukanlah pekerjaan mudah dan membutuhkan banyak pengorbanan untuk sukses.

Apa hal terbaik selama bekerja di F1?

Hal terbaik adalah Anda dapat melihat desain Anda dari komputer dan dalam beberapa minggu desain tersebut telah nyata dan hadir di area trek balapan.

Apakah kemajuan karier mungkin terjadi di Formula 1 modern?

Perkembangan karier dimungkinkan, tapi hal itu tergantung pada kinerja atau pengalaman, waktu dan tentu saja terkadang politik. F1 adalah lingkungan yang kompetitif dan kita semua ingin tampil lebih hebat, tapi hal ini tidak bisa terjadi untuk semua orang dalam tim. Inilah sebabnya mengapa orang cenderung melihat-lihat (tim lain).

Ini adalah salah satu cara yang paling biasa untuk kemajuan. Jika hal itu tidak terjadi pada tim Anda, saya berharap Anda mampu bersabar dan bekerja keras.

Apakah impian anda, dan adakah keinginan naik jabatan di F1?

Saya ingin lebih lama lagi bekerja di F1 dan melihat apa yang bisa saya capai. Saya masih belajar setiap hari dan perlu mendapatkan lebih banyak pengalaman. Tentu saja, semakin banyak tanggung jawab yang kita emban pastinya akan semakin banyak kemajuan di hidup kita. Lalu target saya adalah menjadi pemimpin tim yang baik dalam jangka waktu yang panjang.

Aerodinamis adalah salah satu cabang dinamika yang berkenaan dengan kajian pergerakan udara, khususnya ketika udara tersebut berinteraksi dengan benda padat. Aerodinamika adalah cabang dari dinamika fluida dan dinamika gas, dengan banyak teori yang saling berhubungan di antara keduanya.

Sumber: autosport.com

Berita sebelumyaMenteri Darmin Nilai Pergerakan BI Lambat
Berita berikutnyaButuh Kolaborasi Tepat untuk Bisa Ciptakan Game yang Sukses