Pabrik Mobil Asal China Ini Mengaku Sudah Siap Produksi Mobil Masa Depan

0
229

Berkabar.ID –Tidak hanya memproduksi mobil konvensional, ternyata pabrik Sokonindo Automobile di kawasan Serang, Banten ini juga dipersiapkan untuk membuat kendaraan listrik atau mobil masa depan lainya.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh CEO Sokonindo Automobile, Alexander Barus, saat awak media melakukan kunjungan ke pabriknya. Menurut Alexander, pihaknya telah bekerja sama dengan pusat penelitian dan pengembangan Sokonindo di Amerika Serikat mengenai produksi berbagai jenis kendaraan di masa depan.

“Saat ini kami memiliki pusat RnD di Ann Harbour Michigan, bekerjasama denga co-founding Tesla Mr Martin. Dan juga saya baru pulang dari Santa Clara, kami juga punya pusat riset untuk mobil listrik dan autonomous driving,” kata Alexander, saat ditemui di pabriknya, belum lama ini.

“Dalam hal ini kami harapkan Sokonindo bersama Indonesia bisa memasuki teknologi listrik dan bergerak dari Indonesia menuju global,” lanjutnya.

Namun kesiapan pabrik Sokonindo dalam meracik mobil listrik ini tentu harus dibarengi dengan regulasi pemerintah.

“Nah kita lihat bagaimana regulasi mobil listrik yang dibikin pemerintah. Kan mobil listrik tidak ada (ukuran) cc, uji emisinya. Kami menunggu lah, siap. Teknologinya juga mendukung,” ujarnya.

Lebih lanjut, Alexander menuturkan bahwa produksi mobil listrik di China lebih murah. Sebab, pemerintah China mendukung dengan memberikan insentif yang tinggi.

“Nah gini, China itu insentifnya tinggi. Pertama (ketika konsumen) dia beli mobil listrik, 50 persennya dibayarin pemerintah. Sekarang udah 30 persen, jadi lebih murah,” ungkapnya.

Setelah meninjau pabrik Sokonindo, Airlangga Hartanto selaku Menteri Perindustrian, menilai pabrik itu sudah mampu memproduksi mobil listrik. Hal ini didukung oleh sistem pabrik yang menganut smart factory atau fleksible manufacturing system (FMS).

Berita sebelumyaCegah Serangan Diabetes Dengan Sering Konsumsi Minuman Ini Tiap Pagi
Berita berikutnyaDitanya Soal Rencana Setelah Penisun, Marquez Akui Belum Memikirkannya