Singa Ini Susui Bayi Macan Tutul Yang Terpisah Dari Induknya

0
548

Seeokor singa betina terlihat sedang menyusui bayi macan tutul, Pemandangan ini tak biasa hadir di Taman Nasional Serengeti, Tanzania.
Pada kondisi normal Induk singa akan memangsa bayi itu. Sebab, mereka adalah kompetitor dalam rantai makanan ekosistem padang rumput Afrika.

Singa liar menyusui bayi macan tutul yang terpisah dari induknya. Ilmuwan mengatakan, kondisi serupa menyusui antar spesies predator belum pernah terjadi di Serengeti.

Singa betina itu diketahui bernama Nosikitok. Ia terlihat menyusui bayi macan tutul satu kilometer di luar sarangnya. Singa berumumr 5 tahun itu meninggalkan tiga bayi aslinya yang juga baru lahir 28 Juni lalu.

Umur bayi macan tutul hampir sama dengan umur ketiga bayi Nosikitok. Kurang lebih berumur 3 minggu.

Singa liar menyusui bayi macan tutul yang terpisah dari induknya.
Hingga berita ini diturunkan, tidak jelas kemana perginya ibu kandung bayi macan tutul. Tidak diketahui secara jelas pula, apakah Nosikitok merawat bayi rentan itu secara penuh atau tidak.

“Ini tidak pernah terjadi sebelumnya. Induk singa biasa menyusui anak singa yang lain, tapi tidak anak macan tutul,” kata Dr Luke Hunter, Presiden Panthera, organisasi yang mempelajari perilaku kucing-kucing besar di Afrika.

Foto-foto yang menunjukan kedekatan antara singa dan bayi macan tutul diambil di sekitar penginapan Joop Van Der Linde Serengeti. Dr Hunter menggambarkan Nosikitok sebagai induk yang tangguh, saat menyusui ia menjadi sangat ganas dan protektif.

Dr Hunter menduga, induk singa dipengaruhi hormon oksitosin. Hormon itu menggerakan naruri keibuan singa untuk merawat bayi macan tutul.
“Peristiwa ini tak akan terjadi jika singa tidak sedang menyusui bayinya sendiri,” kata Hunter.
Hunter menambahkan, alangkah lebih baik jika bayi macan tutul bisa kembali ke induknya.

 

Berita sebelumyaAnak Yang Enggan Ketoilet Dan Menahan Kencing Terus-Menerus Beresiko Mengalami Infeksi Saluran Kemih
Berita berikutnyaViral! Video Klip Sexy Dua Lipa Bertajuk “New Rules” Di-cover Oleh Pria-Pria Gay Genit ini!