Presiden Baru Perancis Resmi Dilantik

0
174

Presiden termuda Perancis, Emmanuel Macron resmi dilantik menjadi Presiden Perancis di Istana Élysée pada Minggu (14/5) kemarin. Pelantikan ini terjadi tepat sepekan setelah kemenangannya dalam pemilihan presiden putaran II.

Macron merupakan kandidat presiden dari kelompok kiri dan berhasil mengalahkan lawannya dari kelompok kanan, Marine Le Pen dengan perolehan 66 persen suara. Macron merupakan seorang mantan banker investasi yang sebelumnya tidak pernah diperhitungkan dalam kancah perpolitikan Perancis.

Keamanan ketat pun dilakukan polisi di seluruh wilayah Kota Paris untuk menjaga kelangsungan upacara inagurasi. Kini Macron resmi menggantikan Presiden François Hollande yang telah berakhir masa jabatannya.

Janji kampanye Macron untuk bekerja bagi semua orang dan menaungi kubu kiri dan kanan akan dimulai hari ini. Ia pun langsung bertolak ke Berlin menemui Kanselir Angela Merkel sekaligus menunjukkan komitmen Perancis pada Uni Eropa.

Pemerintahan Macron menghadapi tantangan besar, diantaranya tingginya tingkat pengangguran, terutama di kalangan muda Perancis dan pertumbuhan ekonomi yang rendah. Macron mengatakan, sasaran utamanya yaitu meningkatkan investasi dan menciptakan model pertumbuhan baru yang meningkatkan mobilitas social dan lingkungan. (lia joulia)

Berita sebelumyaWujudkan Jalur Sutera, Presiden Xi Jinping Gelontorkan dana US$124 miliar
Berita berikutnyaHarga Bawang Merambat Naik