NASA Telah Menemukan Beberapa Planet Yang Mirip Dengan Bumi

6
296

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika (NASA) mengumumkan, para ilmuwannya telah menemukan 10 planet di luar sistem Tata Surya, yang memiliki ukuran dan suhu udara yang sama dengan Bumi, Hal itu meningkatkan kemungkinan bahwa planet-planet itu memiliki kehidupan.

Seperti dilansir media Inggris, The Guardian, Rabu (21/6/2017), planet-planet itu masuk dalam daftar 219 kandidat planet terbaru yang ditemukan di luar sistem Tata Surya dalam program pengamatan Teleskop Ruang Angkasa Kepler NASA. Setidaknya ada 200 ribu sampel bintang dalam konstelasi Cygnus, yang ada di galaksi Milky Way, lokasi sistem Tata Surya kita.

Para ilmuwan menambahkan bahwa 10 planet tersebut memiliki jarak yang tepat dari bintang induk mereka. Dan kemungkinan planet tersebut memiliki air, para pakar meyakini bahwa air yang mengalir adalah kunci kehidupan.

“Pertanyaan penting bagi kita adalah, ‘Apakah kita sendirian?’ Mungkin Kepler hari ini memberi tahu kita secara tidak langsung … bahwa kita tidak sendirian,” ucap ilmuwan program Kepler, Mario Perez, dalam konferensi pers dengan wartawan setempat.

Sejak 2009 silam, NASA mulai meluncurkan program teleskop untuk mempelajari apakah planet-planet yang menyerupai bumi tergolong umum atau langka di antariksa.

Dengan data analisis Kepler paling final yang telah mereka miliki, para ilmuwan akan mulai mencari jawaban pertanyaan tersebut.

 

Selama empat tahun menjalankan misi, teleskop Kepler telah menemukan 2.335 planet terkofirmasi dan 1.699 kandidat planet. Hingga saat ini suda ada 4.034 planet dan kandidat planet yang ditemukan dengan program Kepler. Jumlah itu termasuk sekitar 50 planet yang diperkirakan memiliki ukuran dan suhu udara yang sama dengan Bumi.

Bukan hanya itu, program Kepler juga bisa memberikan cara baru untuk menganalisi persoalan planet yang memiliki permukaan solid, seperti Bumi, atau seperti Neptunus yang sebagian besarnya terdiri dari gas.

 

 

Berita sebelumyaSinting! Orang Tua Ini Gantung Bayinya Di Lantai 15 Apartemen
Berita berikutnyaTukang Ojek Se Jakarta Mencari Gadis Cantik Ini. Alasannya Mengerikan!

Comments are closed.