Naik Kereta Lapis Baja, Kim Jong Un Temui Trump

0
24

Rencana pertemuan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump di Vietnam tersiar sejak lama. Kim meninggalkan Pyongyang pada Sabtu (23/2/2019), dengannaik kereta lapis baja berwarna hijau tua bergaris kuning.

Kereta lapis baja tersebut sama dengan yang selama ini digunakan para pemimpin Korea Utara dalam melakukan perjalanan ke luar negeri, termasuk saat Kim Jong Un berkunjung ke China tahun lalu dan juga Januari tahun ini.

Kereta tersebut berangkat dari Stasiun Pyongyang dan akan menempuh perjalanan sejauh hampir 4.000 kilometer menuju Vietnam.Foto-foto bertanggal 23 Februari 2019 yang dirilis kantor berita Korea Utara, KCNA via KNS, pada Minggu (24/2/2019).

Diberitakan sebelumnya oleh AFP, sebuah kereta lapis baja berwarna hijau tua terlihat memasuki wilayah China di kota perbatasan Dandong, pada Sabtu (23/2/2019) malam.

Tidak ada informasi apa pun mengenai kedatangan Kim ke China menjelang pertemuan keduanya dengan Trump di Hanoi, Vietnam, pada 27-28 Februari.

Kim tercatat telah empat kali bertemu dengan Presiden China Xi Jinping sepanjang 2018 lalu, menunjukkan bahwa Beijing tetap menjadi sekutu terdekat Pyongyang.

Kim pun diyakini akan kembali menemui Xi usai pertemuannya dengan Trump, seperti yang dilakukannya tahun lalu usai konferensi tingkat tinggi dengan presiden AS di Singapura.

Sejumlah sumber menyebutkan bahwa kereta Kim Jong Un akan tiba di Stasiun Dong Dang, dekat perbatasan China, sebelum melanjutkan perjalanan ke lokasi pertemuan di Hanoi menggunakan mobil.

Vietnam sebelumnya mengumumkan rencana penutupan jalan sepanjang 170 kilometer, hal yang belum pernah terjadi sebelumnya, pada Selasa (26/2/2019) antara pukul 06.00 hingga 14.00 waktu setempat, mengisyaratkan rencana waktu kedatangan Kim.

Berita sebelumyaChina Laporkan Wabah Demam Babi Afrika
Berita berikutnyaJepang Cegat Pesawat Rusia dan China