Saudi Cs Memutuskan Hubungan Diplomatik Dengan Qatar

0
277
foto diambil dari kbknews.id

 

Empat negara timur tengah, Arab Saudi, Mesir, Bahrain, dan Uni Emirat Arab telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar, pada Senin pagi 5 Juni 2017, empat negara tersebut menuduh Qatar merusak kestabilan wilayah tersebut dan diduga mendukung gerakan terorisme bersama dengan Iran.

Dilansir darii Saudi SPA mengatakan, Riyadh telah menutup perbatasannya, dan memutuskan hubungan darat, laut dan udara dengan Qatar. Pemerintah Qatar di bawah pimpinan Sheik Tamim bin Hamad Al-Thani sejauh ini belum menanggapi hal tersebut, meskipun sebelumnya membantah telah mendanai kelompok-kelompok ekstremis.

Arab Saudi, Bahrain dan Abu Dhabi juga melarang warganya berkunjung ke Qatar sekaligus meminta warganya yang berada di Qatar untuk meninggalkan negara itu. Akibat masalah diplomatik ini sebuah maskapai penerbangan asal Abu Dhabi harus menunda semua penerbangan menuju Qatar, sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.

Dari informasi yang beredar  pejabat Riyadh mengatakan, bahwa pemutusan hubungan dengan Qatar ini dilakukan untuk melindungi keamanan negara dari ancaman terorisme dan ekstremisme. Selain itu Kementerian Luar Negeri Mesir juga mengatakan, Mesir telah menutup wilayah udara dan pelabuhan untuk semua transportasi Qatar.

Selain itu Bahrain menduga Qatar telah melakukan hasutan lewat media dan juga mendukung kegiatan dan membantu pendanaan kelompok teroris yang terkait dengan kelompok-kelompok Iran untuk melakukan sabotase dan menyebarkan kekacauan di negara Bahrain.

 

Berita sebelumyaAcer Spin 1 Ramping Dan Ringan
Berita berikutnyaSarwendah Dilarikan Kerumah Sakit Usai Merayakan Ulang Tahun Anakanya