Buat Pernyataan Wanita Pakai Celana Jeans Robek Layak Diperkosa, Pengacara Mesir Ini Ditahan

0
612

Berkabar.id – Seorang pengacara di Mesir ditangkap pihak berwenang setelah mengeluarkan pernyataan kontroversial. Pengacara bernama Nabih al-Wahsh itu sebelumnya menyebut, seorang perempuan yang mengenakan celena jeans dengan model sobek-sobek pantas untuk diperkosa.

Sang pengacara diketahui menyampaikan pernyataan ini dalam sebuah acara yang disiarkan di stasiun televisi lokal. Sontak, pernyataan yang memojokkan kaum hawa itu memicu protes dari masyarakat Mesir. Sebagaimana dilansir Berkabar.id dari Middle East Monitor, Minggu (3/12/2017), saat itu Nabih diketahui menjadi salah satu tamu undangan di acara debat yang membahas rancangan undang-undang tentang prostitusi.

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan pendapatnya jika para perempuan yang berpakaian dengan tidak pantas akan mampu mengundang pria untuk melecehkan mereka. Nabih juga menekankan pentingnya kaum perempuan untuk menjaga moral. Namun kalimat lanjutan yang ia lontarkan langsung memicu kemarahan.

“Gadis-gadis yang mengenakan jeans robek harus diperkosa, ditangkap dan dijatuhi hukuman 3 tahun penjara. Adalah kewajiban patriotik untuk melecehkan mereka secara seksual dan tugas nasional untuk memperkosa perempuan-perempuan itu. Apakah Anda senang saat melihat seorang gadis berjalan di jalan dengan menunjukkan sebagian tubuhnya,” ujar Nabih dalam acara debat tersebut.

Protes keras terus berdatangan kepada Nabih atas ucapannya yang dianggap menghina dan seksis tersebut hingga akhirnya sebuah laporan pun dibuat. Dewan Nasional untuk Hak-Hak Perempuan juga mengutuk ucapannya dan menyatakan, ucapan Nabih telah melanggar konstitusi Mesir.

Nabih al-Wahsh adalah seorang konservatif terkemuka yang memang dikenal kerap melontarkan pernyataan kontroversial. Ia juga dilaporkan pernah terlibat perkelahian dengan seorang ulama di sebuah acara televisi karena perbedaan pendapat. Kala itu, sang ulama mengatakan perempuan tidak perlu mengenakan jilbab.

Berita sebelumyaIbu ini Pergoki Anaknya Sedang Indehoy di Kosan Bersama Pacarnya
Berita berikutnyaTengok Resiko Sebelum Investasi Bitcoin