Tentara Suriah Berhasil Menggulingkan ISIS Dari Kota Terakhirnya di Suriah

0
280

Berkabar.id – Tentara Suriah dan pasukan sekutu berhasil menggulingkan ISIS dari kota terakhirnya di negara tersebut pada hari Minggu (19/11/2017). Dalam sebuah pernyataan, tentara mengatakan telah menguasai sepenuhnya Abu Kamal di provinsi timur Deir al-Zor.

“Pasukan Suriah dan pasukan sekutu menguasai sepenuhnya Abu Kamal, dan sedang memindahkan ranjau dan bahan peledak yang ditinggalkan oleh Daesh,” kata seorang sumber militer di Deir al-Zor kepada AFP. Daesh adalah nama lain ISIS dalam bahasa Arab.

“Daesh menghadapi perlawanan sengit dan mencoba menggunakan bahan peledak dan bom bunuh diri, namun mengepung kota tersebut memungkinkan tentara untuk meraih serangan tersebut dan menguasai kota secara penuh.”

Kantor berita negara Suriah SANA juga melaporkan bahwa “tentara Suriah dan sekutu-sekutunya berhasil menyingkirkan kantong teroris terakhir Daesh di kota ini.”

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris juga menegaskan hari Minggu bahwa pasukan pemerintah dan sekutu mereka telah merebut kota tersebut.

“Para pejuang Daesh mengundurkan diri dari kota menuju Sungai Efrat,” kata Kepala Observatorium Rami Abdel-Rahman mengatakan kepada AFP.

Kelompok aktivis tersebut mengatakan bahwa lebih dari 80 pejuang tewas dalam tiga hari pertempuran sengit untuk merebut kembali kota tersebut. Jumlah korban tersebut termasuk 31 pasukan pro-rezim dan setidaknya 50 gerilyawan Daesh.

ISIS Kehilangan Kota Terakhirnya di Suriah
Sebenarnya, pada tanggal 9 November tentara Suriah mengumumkan bahwa mereka menggulingkan Daesh dari kota. Namun militan merebutnya kembali satu minggu kemudian.

ISIS merebut wilayah Suriah dan Irak dalam sebuah kampanye yang berlangsung pada tahun 2014. Namun tahun ini menandai jatuhnya kekhalifaan kelompok tersebut di dua negara.telah kehilangan sebagian besar wilayah yang pernah dipegangnya.

Dengan direbutnya Abu Kamal, para militan diyakini kembali ke kelompok gerilya di bawah tanah tanpa basis kota.

Berita sebelumyaKeren, SIM Indonesia Bisa Digunakan di Seluruh Negara ASEAN
Berita berikutnyaSikap Ronaldo dan Zidane Membuat Benzema Muak