Negara tetangga telah berhasil menangkap 6 anggota ISIS

0
255

Negara tetangga Malaysia, melalui kepolisiannya telah berhasil menangkap enam pria anggota ISIS. Setelah ditangkap ternyata keenam orang tersebut merupakan warga Malaysia sendiri.

Dilansi dari Reuters, Sabtu 27 Mei 2017, Inspektur Jenderal Kepolisian Malaysia Khalid Abu Bakar menyatakan keenam pria itu ditangkap dalam sejumlah penggerebekan terpisah yang digelar di empat wilayah Malaysia, antara 23-26 Mei.

Muhammad Muzafa Arieff Junaidi adalah salah satu dari keenam tersangka. Pria ini menyerahkan dirinya sendiri kepada polisi, setelah polisi mengeluarkan pemberitahuan dan meminta publik untuk melaporkan informasi tentangnya.

Pria ini bekerja sebagai  seorang pengembala sapi di Kelantan, lalu ia juga sempat melarikan diri ke Thailand Selatan setelah terlibat dalam penyelundupan senjata api untuk digunakan kelompok militan di Malaysia. Diketahui pria tersebut membawa dua pucuk senjata api.

Polisi juga menangkap dua pria bersaudara yang berprofesi sebagai guru madrasah di Perak, dan pengusaha online di Kedah. Mereka diduga mendukung kegiatan ISIS  dan yang berhubungan dengan Muhammad Fudhail Omar yang mengintruksikan serang teror ‘lone wolf’ di Sabad, pada Agustus tahun kemarin.

Fudhail Omar juga dipercaya akan mengambil alih kekuasaan Muhammad Wandy Mohamed Jedi, yang merupakan teroris global yang masuk dalam daftar Amerika Serikat. Wandy karena dibunuh saat berperan dengan ISIS di Suriah.

Lalu tersangka lain yang telah ditangkap polisi adalah seorang pensiunan tentara yang berusia 54 tahun, ia diduga menyalurkan dana 20 ribu ringgit atau sekitar Rp 62 juta kepada militan ISIS. Lalu salah satu anak pensiunan tentara ini juga diketahui telah bergabung dengan anggota ISIS.

Dua orang lain yang ditangkap tidak disebutkan oleh polisi terkait identitasnya, yang pasti mereka dituduhkan telah mendukung dan membantu ISIS di Suriah.

Hingga saat ini Malaysia telah berhasil menangkap lebih dari 250 teroris, dari tahun 2013 hingga 2016 atas kecurigaan terlibatnya mereka dengan kegiatan ISIS.

Berita sebelumyaUni Emirates Arab Mempunyai Robocop
Berita berikutnyaArsenal Raja FA Cup