Arab Saudi Salahkan Iran Terkait Percobaan Serangan Rudal Ke Bandara Riyadh

0
271

Berkabar.ID- Arab Saudi telah menyalahkan Iran atas percobaan serangan rudal ke Bandara Internasional Riyadh. Arab Saudi menganggap hal tersebut sebagai tindakan perang. Koalisi militer Saudi menyatakan rudal ini merupakan agresi militer langsung dari Iran. Kerajaan memiliki hak untuk membela wilayah dan rakyatnya.

“Peran Iran dan komando langsungnya terhadap proxy Houthi dalam hal ini merupakan tindakan agresi yang jelas menargetkan negara-negara tetangga, dan mengancam perdamaian dan keamanan di wilayah tersebut secara global,” demikian pernyataan yang diterbitkan dari media resmi Arab Saudi.

“Oleh karena itu, komando koalisi menganggap ini tindakan terang-terangan atas agresi militer oleh rezim Iran, dan dapat dianggap sebagai tindakan perang melawan Kerajaan Arab Saudi,” dikutip dari media Internasional setempat, Senin (6/11/2017).

Turki al-Maliki selaku juru bicara koalisi pimpinan Arab di Yaman sebelumnya mengatakan, Iran menyediakan milisi Houthi Yaman dengan rudal balistik, roket, pesawat tak berawak dan ranjau.

Media pemerintah Arab Saudi juga mengatakan pertahanan udara kerajaan berhasil menembak rudal yang sedang meluncur dari arah timur laut Riyadh. Tak ada kerusakan di Bandara.

Dihari yang sama, pemberontak Houthi mengatakan mereka telah menargetkan bandara tersebut dengan sebuah rudal balistik. Pemberontak Houthi telah mengaku akan bertanggung jawab atas serangan tersebut, dengan mengatakan rudal balistik Volcano-1 yang diproduksi di dalam negeri.

Arab Saudi menuduh Iran memasok senjata tersebut ke Huthi dan memungkinkan serangan tersebut. Sementara itu, Iran mendukung pemberontak dan membantah mempersenjatai mereka.

Dalam sebuah pernyataan Koalisi Saudi mengatakan, mereka memutuskan untuk sementara menutup semua jalur darat, udara dan laut di Yaman, kecuali tim bantuan dan tim pertolongan.

Berita sebelumyaPrabowo Akan Hadir Ke Pernikahan Anak Jokowi?
Berita berikutnyaPKS Heran Kenapa Polisi Sangat Sigap Usut Penyebar Meme Setya Novanto saat Sakit