Kepolisian Manchester menangkap keluarga pelaku bom bunuh diri

0
278

Kepolisian Manchester kembali menangkap tiga orang pria yang di duga terlibat dalam serangan bom bunuh diri di lokasi konser Ariana Grande, Manchester.

Tiga pria ini adalah ayah dan dua saudara Salman Abedi, mereka ditangkap di Libya.

Dilansir dari Reuters, Polisi antiteror Libya menyebutkan Hashem yang merupakan adik bungsu Salman, ternyata dirinya dan kakaknya merupakan anggota ISIS. “Kami memiliki bukti ia terlibat dengan ISIS bersama saudaranya kami telah mengikutinya selam 1,5 bulan,” ucap juru bicara polisi anti teror Libya.

Orang tua pelaku berasal dari Libya, tapi pelaku bom bunuh diri Salman Abedi lahir di Inggris, sama seperti Salman, Ayahnya yang bernama Ramadan Abedi pun juga ditangkap oleh polisi Libya pada Rabu, 24 Mei 2017 kemarin.

Kepala polisi Manchester Constable, Ian Hopkins, dalam konferensi pers mengatakan “jelas  bahwa pengebom bunuh diri yang menyerang konser Ariana Grande di Manchester itu tidak bertindak sendiri, ini merupakan jaringan yang sedang kita selidiki” ucapnya.

Alasan dan motif pengeboman ini belum diketahui secara pasti mengapa Abedi melakukan aksi tersebut, namun Menteri Dalam Negeri Inggris, Amber Rudd, mengatakan bahwa Abedi memang telah masuk radar intelijen, jauh sebelum Abedi melakukan perbuatan keji tersebut.

Bukan hanya Amber Rudd, Gerard Collomb sebagai Menteri Dalam Negeri Perancis pun ikut berkomentar, Gerard mengaku bahwa ia mendapatkan informasi dari otoritas Inggris, bahwa Abedi telah gabung dengan kelompok radikal ISIS. Hal ini telah dibuktikan oleh inteljen negara tersebut.

Terkait peristiwa mengenaskan ini, melalui media sosial, ISIS mengklaim akan bertanggung jawab atas kejadian ini, dalam media sosial menyebutkan “Salah satu tentara khalifah menempatkan bom-bom di antara kerumunan,” klaim ISIS.

Sampai saat polisi Manchester terus melakukan penyelidikan, diketahui sudah ada 5 orang tersangka pelaku serangan bom Manchester.

 

Berita sebelumyaLakukan Cara ini Untuk Menghemat Pengeluaran Saat Ramadhan
Berita berikutnyaRumah Terduga Pelaku Bom Kampung Melayu Digeledah Polisi