Asap Beracun Sebabkan 20 Orang Jatuh Sakit di Markas Uni Eropa

0
200
exchange.nottingham.ac.uk

Sedikitnya 20 orang harus menjalani perawatan medis akibat jatuh sakit karena asap beracun yang muncul di markas Uni Eropa di Brussels, Belgium. Asap beracun tersebut berasal dari bagian dapur yang ada di dala gedung itu dan menyebar ke bagian lainnya.

Melansi dari lama AFP, Sabtu (14/10/2017), akibat insiden yang terjadi pada Jumat (13/10) waktu setempat, orang-orang yang berada di dalam gedung Europa, markas Dewan Eropa itu harus dievakuasi ke gedung sebelah. Sejumlah ambulan telah dikerahkan ke gedung itu.

“Terdapat campuran dari produk-produk kimia yang ada di area dapur. Hal itu memicu asap,” tutur juru bicara Dinas Darurat Brussels, Pierre Meys, kepada AFP.

Disebutkan Meys, mereka yang menghirup asap beracun itu mengalami gejala seperti mata pedih dan mutanh-muntah. Secara terpisah Jubir Dewan Eropa mengatakan ada 20 orang yang jadi korban dalam insiden itu. Sembilan diantaranya harus menjalani perawatan medis dirumah sakit, namun lima orang lain telah diperbolehkan pulang.

“Kami terus memantau secara saksama kondisi medis dari empat staf kontrak yang masih dirawat di rumah sakit,” demikian pernyataan Dewan Eropa.

Otoritas Uni Eropa dalam pernyataannya menegaskan telah mengetahui penyebab dari insiden ini. “Dinas Darurat menyatakan bahwa persoalan ini disebabkan oleh reaksi kimia antara dua produk pembersih industri (di sistem ventilasi dapur),” demikian pernyataan otoritas Uni Eropa.

“Kami berharap akan membuka kembali gedung Eropa pada Senin (16/10). Rapat-rapat akan berjalan sesuai jadwal dan rencana untuk rapat Dewan Eropa pekan depan tidak berubah,” imbuh pernyataan itu.

Namun, insiden ini tak menggangu rapat Dewan Eropa yang akan dihadiri 28 pemimpin negara anggota Uni Eropa yang akan digelar pada 19-20 Oktober mendatang. Salah satu agendanya adalah Brexit dan masa depan Eropa.

Berita sebelumyaJessica Mila Harus Rela Kehilangan Kemulusan Tubuhnya Saat Main Film Horor
Berita berikutnyaTertabrak Truk Saat Naik Ojek di Serang, Ibu dan Anak Tewas Di Tempat