Rumah Sakit Bangkok di Bom, puluhan orang jadi korban

0
300

Rumah sakit Phramongkutklao di ibu kota Thailand dibom, kejadian ini terjadi pada Senin, 22 Mei 2017 yang mengakibatkan 24 orang menjadi korban. Dimana rumah sakit ini populer dan sering dikunjungi oleh para tentara, keluarga tentara, dan mantan tentara atau pensiunan militer.

Insiden serangan bom ini terjadi tepat ketika Thailand sedang memperingati tiga tahun kudeta militer pada 2014 lalu. Kendati demikian belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas peristiwan ini.

“Ledakan itu berasal dari sebuah bom. Kami menemukan banyak bahan peledak,” kata Kamthorn Aucharoen, komandan tim penjinak bom, Senin (22/4), dikuti dari Reuters.

Berikut ini barang-barang yang telah ditemukan antara lain sisa-sisa baterai, kabel, dan komponen terkait lainnya. “Saat ini pihak berwenang sedang memeriksa kamera sirkuit tertutup (CCTV),” ucap Aucharoen.

Peristiwa serangan bom yang terjadi pada hari, Senin 22 Mei 2017 mengingatkan warga Thailand atas peringatan hari kudeta militer yang menggulingkan pemerintahan terpilih dan mengakhiri kerusuhan sosial yang telah berlangsung selama berbulan-bulan.

Sejak terjadinya kudeta, pemerintah militer mengakui bahwa mereka yang telah ditangkap dengan tudingan penghinaan terhadap keluarga raja, mereka ingin memperlemah partai politik dan mempertahankan pengaruh tentara terhadap pemerintahan yang terpilih secara demokratis.

Sebelum pengeboman di rumah sakit, ledakan bom juga terjadi beberapa pekan lalu di sebuah pusat pembelanjaan di Provinsi Pattani dan menyebabkan 61 orang menjadi korban. Lalu sebuah bom sebelumnya juga meledak di Yala, dan melukai satu orang tentara.

Akibat serangan bom di rumah sakit ini, 24 orang terluka, “tiga orang diantaranya mengalami luka serius dibagian wajah dan leher, sebagiannya luka ringan” ucap Sansern Kaewkamnerd sebagai juru bicara pemerintah.

Berita sebelumyaRaisa dan Hamish Daud Ciptakan Hari Patah Hati Nasional
Berita berikutnyaKunjungan Trump ke Israel untuk menciptakan kedamaian baru