Unggul telak, Rouhani jadi Presiden Iran

0
204

Hassan Rouhani yang juga sebagai presiden pertahana dan tokoh reformis Iran resmi memenangkan pilpres Iran tahun ini. Rouhani unggul telak dengan peroleh suara 58,6 persen suara dengan mengalahkan pesaingnya,  Ebrahim Raisi yang memperoleh 38,5 persen suara, sebagaimana dilaporkan The Guardian, Sabtu 20 Mei 2017.

Dilansir dari Al-Jazeera, Sabtu 20 Mei 2017, dua kandidat capres lainnya Mostafa Mirsalim dan Mostafa Hashemitaba hanya mendapatkan suara sekitar 1 %. Atas kemenangan ini Rouhani akan kembali memimpin Iran dalam empat tahun ke depan. Sebelumnya Rouhani selalu menyerukan kebebasan dan membuat Iran menjalin hubungan yang lebih luas dengan dunia.

Bahkan mantan presiden Iran kemarin, Mohammad Khatami, yang juga merupakan teman dekat Rouhani bahkan telah mengisyaratkan kemenangan itu melalui status yang diunggah ke media sosial Instagram. Bersama dengan gambar Rouhani, Khatami mengatakan bahwa harapan telah menang mengalahkan isolasi.

Selama menjabat sebelumnya Rouhani juga telah berupaya mencapai misi tersebut. Rouhani telah mewujudkan harapan Iran yang lebih liberal dan berpikiran reformasi untuk mendapatkan kebebasan politik yang lebih besar. Ia juga membuat hubungan yang lebih baik dengan dunia luar , Dikutip dari ITV.

Berdasarkan laporan awal Kementerian Dalam Negeri, proses pemungutan suara pilpres Iran dilangsungkan pada Sabtu, 19 Mei 2017 dengan total 40 juta pemilih. Akibat besarnya antusiasme dan jumlah pemilih yang datang, waktu pemungutan suara sampai harus diperpanjang hingga lima jam dari waktu awal yang ditentukan.  Diindikasikan jumlah pemilih sekitar 70 persen, hampir sama pada saat pemilihan presiden tahun 2013 ketika Rouhani menang telak.

Warga Iran tampak lebih menyukai Rouhani, Pria 68 tahun yang memperoleh hasil suara terbanyak pilpres tahun ini, Saat memerintah, Rouhani dinilai lebih berhasil membuat perekonomi lebih stabil dibandingkan dengan para pendahulunya. Ia juga sukses menekan inflasi yang merajalela.

Berita sebelumyaSatgas Tangkap 10 Pelaku Penyebab Harga Pangan Naik
Berita berikutnyaTransformers: The Last Knight; Dimana Optimus Prime ?