Trump berkunjung ke Arab untuk bertemu Raja Salman

0
241

Presiden AS Donal Trump melakukan kunjungan pertama internasional ke Arab Saudi sejak menjabat menjadi Presiden Januari lalu, Trump tiba di ibu kota Riyadh pada sabtu 20 Mei 2017. Trump tiba bersama sang istri Melania, dan juga sang putri, Ivanka, Suami jared Khusner, serta tak ketinggalan penasehat gedung putih ikut mendampinginya. Dilansir dari The Independent.

Media berita Saudi dan pan-Arab telah menyiarkan ketika Air Force One, pesawat kepresidenan AS mendarat di Riyadh dan berhenti di depan karpet merah yang diapit oleh para tentara Arab Saudi.Gedung Putih berharap kunjungan tersebut akan mengalihkan fokus dari kontroversi domestik dan agenda kebijakan luar negerinya. Dan Arab Saudi sangat antusias dengan kedatangan rombongan dari AS tersebut.

Namun dalam kunjungannya itu, sang istri dan juga sang purti dari Presiden AS tidak mengenakan hijab. Hal tersebut juga sebelumnya dilakukan oleh Perdana Menteri Theresa May dan Kanselir Jerman Angela Merkel. Padahal waktu sebelum menjabat menjadi presiden, Trump mengkritik mantan ibu negara AS, Michele Obama yang juga datang ke Arab Saudi tanpa mengenakan hijab.

Dalam kunjugannya ke Arab Saudi, Trump disebut akan membahas pembicaraan dengan Raja Salman tentang investasi multi miliar dollar, dan juga membahas mengenai pemberantasan terorisme.

Pada tanggal 21 Mei 2017, besok Trump dijadwalkan untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Arab-Negara Islam-AS atau Arab Islamic American Summit. Di sana, Trump yang bersama dengan Raja Salman disebut membicarakan pengaruh Iran, salah satu negara yang bersebrangan dengan Arab Saudi secara regional di kawasan Timur Tengah.

Setelah kunjungan ke Arab, Trump beserta rombongan akan mengakhiri perjalanannya minggu depan setelah mengunjungi Israel, Belgia dan Italia. Perjalanan itu dilakukan untuk mengunjungi tempat-tempat suci bagi tiga agama besar dunia, sekaligus melakukan pertemuan dengan para pemimpin Arab, Israel dan Eropa.

 

Berita sebelumyaMioma rahim penyebab Haid tak kunjung berhenti
Berita berikutnya3 Tim Berebut Tiket Liga Champions