Cina akan gagalkan perang Korut.

0
194

Pemerintah negara tirai bambu, Cina akan menghentikan perang Korea Selatan dengan Korea Utara dengan menormalkan kembali hubungan kedua negara seperti semula. Diketahui pertikaian kedua negara diakibatkan atas penempatan sistem pertahanan antirudal AS atau High Altitude Area Defense (THAAD). Cina sebagai sekutu Korut telah menentang penyebaran THAAD, bahkan sebelum dilakukan pada Maret lalu.

Dalam pertemuan Xi Jinping, presiden negara tirai bambu dengan perwakilan Korsel, Moon Lee Hae-chan di Beijing, Jumat 19 Mei 2017 mengatakan, kali ini siap bekerja sama dengan Korea Selatan untuk menangani masalah antara kedua negara ini. XI Jinping mengatakan bahwa perselisihan dan perdebatan yang terjadi harus diselesaikan melalui pembicaraan, serta resolusi untuk THAAD.

“Cina telah menaruh perhatian besar terhadap hubungan bilateral dengan Korsel. Kami akan berupaya membuat hubungan dua negara kembali ke jalur normal dan saling menguntungkan,” ucap Presiden Cina. Jumat 19 Mei 2017.

Presiden Cina ini khawatir atas ketegangan di Semanjung Korea, terlebih antar AS dengan Korea Utara. Perlu adanya sikap dewasa dan saling menahan diri bagi masing-masing pihak agar tidak terjadi perang, supaya tidak terjadi kehancuran di wilayah tersebut.

Diketahui hubungan AS dengan Korut memanas sejak pekan kemarin. Dengan pernyataan Trump yang siap melakukan aksi militer untuk menghadapi ancaman Korea Utara. Korut sebelumnya meluncurkan empat misil ke Laut Jepang pada pekan lalu, di sana terdapat pangkalan militer AS. Kim Jong-un mengawasi langsung uji coba tersebut.

Korut menyebutkan uji coba tersebut sebagai hak pertahana negara mereka. Namun bagi negara sekitar khususnya di wilayah Semenanjung Korea ini merupakan ancaman nyata dari program nuklir Korut.

 

 

 

Berita sebelumyaTak Hanya Mendapatkan Award, Joe Taslim Banjir Tawaran main film dari Korea
Berita berikutnyaPemerintah Siap Danai Temuan Bocah Asal Aceh Ini