Karya Designer Ini Dilirik Istri Wapres RI hingga Pasar Mancanegara

0
19
Foto: dok pribadi

Kecintaan mendesain busana telah dimiliki Otty H Chandra Ubayani sejak kecil. Otty kecil sudah diajari menyulam, menjahit, hingga membuat pola baju. Talentanya mendesain busana terus dikembangkan hingga ia berhasil mendesain busana pagelaran seni dan vocal group di sekolahnya. Inspirasi desain diperoleh dari buah tangan pakaian dengan model yang sedang tren yang dibawakan ibunya usai mendampingi sang ayah bertugas di dalam dan luar negeri.

Meski tidak direstui sang ayah kuliah di Sekolah Mode London, tak menyurutkan gairah Otty dalam mendesain busana. Sembil kuliah S1 Hukum Universitas Pancasila, Sastra Belanda Diploma UI dan Administrasi Niaga di Universitas Terbuka secara bersamaan, ia tetap menyempatkan diri mendesain yang menjadi hobinya. Ia mempertajam talentanya di bidang desain dengan banyak melihat fashion show di dalam dan luar negeri.

Saat kuliah Otty sudah mulai merintis bisnis secara door to door produk branded. Kecintaannya pada dunia fesyen dan jiwa bisnis yang semakin tajam diaktualisasikan dengan membuka bisnis butik Sincero di Kemang, Jakarta Selatan yang menjual baju dan tas branded. Namun imbas krisis moneter membuat butik yang dirintis bersama sahabatnya Pengacara Henny Wijoyo itu harus tutup.

Sempat gagal, tak menyurutkan semangat Otty membuka bisnis kembali. Lewat OH Boutique jiwa seni dan talenta desainnya tercurahkan. Ia yang sangat mencintai desain motif lokal dari berbagai daerah selalu menampilkan karya yang menonjolkan kesan mahal dan nyaman. Tak heran berbagai macam desain karyanya banyak mencuri perhatian. “Saya selalu mengangkat tema dengan motif dari berbagai daerah untuk dikenalkan hingga ke mancanegara,” paparnya.

Di setiap karya desain kreasi Otty selalu mengutamakan kualitas, model yang sedang hits tanpa melupakan kenyamanan bagi pengguna. Bukan hanya itu, produk fesyen OH Boutique juga sangat limited dan eksklusif. “Kita membuat karya desain sangat terbatas bahkan by custom. Jadi nggak akan tuh ketemu baju yang sama di satu acara atau pesta,” ujar alumnus Program Pendidikan Magister Kenotariatan FH Universitas Diponegoro Semarang ini.

Otty kerap menemukan ide design pada pukul 03.00 WIB sambil menunggu waktu subuh tiba. Selain itu, ia selalu update fashion show dunia sebagai referensi, mengikuti tren mode dari dalam dan luar negeri hingga model dari brand terkenal yang sedang maupun akan hits.

Guna merealisasikan ide-ide desainnya, Otty memiliki penjahit berpengalaman yang sudah lama bekerja dengannya. Sementara itu untuk memperkenalkan produknya lebih luas selain mengikuti berbagai ajang fashion show, ia juga banyak dibantu rekan di organisasi, alumni universitas, bisnis, perbankan, notaris, hingga keluarganya.

Beberapa karyanya berupa gaun maupun dress dan lainnya kerap dipakai dalam acara fashion show Putri Indonesia. Tak heran ia sering diajak pameran ke luar negeri oleh Ibu Nina dan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), Sofyan Wanadi, seperti pameran di China. Ia juga mengikuti fashion show Sarung dengan ibu-ibu menteri era Presiden Joko Widodo dan masuk dalam buku Sarung yang mendapat dukungan Duta Besar salah satu Negara dan APINDO.

Seperti pada akhir September lalu, Otty diajak ibu-ibu menteri serta Dewan Kerajinan Nasional yang dipimpin Ibu Yusuf Kalla dan Iriana Joko Widodo sebagai Pembina pada ajang fashion show Tenun di JCC Jakarta yang dihadiri ibu-ibu menteri Kabinet Kerja termasuk Ibu Noni Ryamizard Riacudu.

“Saat itu saya angkat desain tenun gaya Eropa, dengan sepatu bots panjang selutut, topi ala-ala kerajaan Inggris. Di sini saya memadukan tenun Indonesia agar bisa menginspirasi dunia mode dengan dipakai untuk baju dingin di musim semi, atau dipakai di acara resmi karena ditabur dengan aksesori batu-batu kristal,” kata Wakil Ketua Bidang UKM Apindo ini.

Foto: doc pribadi

Usai menggelar fashion show pakaian dari kain tenun khas OH Boutique oleh peragawan/i dalam dan luar negeri, Stand APINDO OH Boutique dihampiri Istri Wakil Prediden RI, Mufidah Kalla. Sambil melihat-lihat hasil karya Otty, yang begitu memukau, istri dari Wapres Jusuf Kalla ini membeli beberapa pakaian.

“Bagus-bagus ya karya desainnya,” kata Mufidah memuji hasil rancangan Otty. Mufidah tampak terpukau dengan karya-karya Otty. “Terima kasih Ibu,” sambut Otty menimpali.

Sebelumnya, Mufidah juga berkesempatan menyaksikan pagelaran busana karya OH Boutique yang ditampilkan oleh para model dengan pakaian yang khas. Pada kesempatan itu, Mufidah memberikan buklet bunga tangan kepada Otty. Sementara itu, sejumlah kerabat dan rekan Otty tampak berjajar di depan booth.

Ke depan Otty memiliki keinginan untuk terus mengembangkan sayap bisnisnya lebih besar lagi dengan memperkenalkan karya lokal ke pasar mancanegara. “Banyak hal yang belum saya lakukan. Saya ingin wujudkan mimpi-mimpi agar semangat menjalani hidup,” pungkasnya.

Foto : doc pribadi
Berita sebelumyaClear, Berikut Klarifikasi Habib Rizieq
Berita berikutnya22 Nominasi FPI Siap Diumumkan Desember 2018