Tips Hemat Untuk Anak Kos Selama Bulan Ramadhan

0
272

Hidup di perantauan dan jauh dari orang tua memang akan membuat Anda mengerjakan segala sesuatunya sendiri, termasuk saat bulan puasa seperti ini. Anda harus menyiapkan segala sesuatunya sendiri mulai dari buka puasa hingga sahur.

Termasuk juga dalam mengatur keuangan, terlebih di bulan puasa seperti ini, tentu banyak sekali godaan-godaan yang membuat Anda menghamburkan uang tanpa pikir panjang sehingga nantinya dapat menimbulkan keborosan yang berakibat buruk bagi Anda.

Bagi anak kos, mengelola keungan saat bulan puasa memang tidak mudah, apalagi yang sudah terbiasa selalu bersama dengan orang tua.

Tapi ada baiknya jika anda mencoba berhemat. Berikut ini cara berhemat di bulan puasa tanpa harus merasa tersiksa.

1. Buatlah Buka Puasa Seperti Makan Malam Biasa

Buka puasa memang menjadi momen dimana banyak orang yang mengikuti keinginan untuk membeli makanan secara berlebihan.

Tapi segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik, untuk itu pilihlah menu makanan yang tidak terlalu mahal dan tidak berbeda dengan makan malam pada biasanya.

2. Buka Puasa Bersama Di Masjid

Di bulan puasa tentu banyak masjid-masjid yang menggelar buka puasa bersama setiap harinya. Tidak ada salahnya jika Anda ikut berbuka puasa bersama di masjid dengan warga sekitar. Selain mendapat teman baru, anda tentu bisa menghemat pengeluaran anda.

3. Coba Untuk Memasak

Bila Anda tinggal di kosan yang memiliki dapur, cobalah untuk memasak. Membuat sendiri hidangan berbuka dan sahur tentu akan lebih hemat jika dibandingkan dengan membelinya di warung-warung makan.

4. Kurangi Buka Puasa Bersama di Caffee dan Sejenisnya

Buka puasa bersama dengan rekan-rekan tentu sudah jadi tradisi di indonesia, terlebih di caffee atau resto-resto. Tetapi itu tidak baik jika dilakukan terlalu sering, apalagi untuk anak kos. Itu bisa bikin dompet anda terkikis habis.

Itu beberapa cara yang Anda bisa lakukan untuk menghemat jika Anda di rantau dan jauh dari orang tua.

Segala sesuatu yang berlebihan tidak lah baik, namun sesuatu yang sederhana tapi bermakna itu jauh lebih baik.

Berita sebelumyaInilah Cara Menyapa Mantan Di Media Sosial Dengan Baik Dan Benar
Berita berikutnyaPakai Jersey Barcelona, Siap-siap Anda Di Penjara!