Waspada Peredaran Uang Palsu Jelang Lebaran

0
294

Uang palsu memang jadi kendala bagi masyarakat yang awam terhadap ciri-cirinya. Bank Indonesia mengimbau masyarakat untuk mewaspadai peredaran uang palsu. Terlebih jelang hari raya Idul Fitri, sebab saat itu permintaan terhadap uang meningkat dan banyak kegiatan penukaran

“Perbankan juga terus menyediakan alat (mengecek uang palsu). Tapi secara kasat mata, langkah 3D masih berlaku,” kata Deputi Gubernur Bank Indonesia Sugeng, di Lapangan Eks IRTI Monas, Jakarta Pusat, Rabu (7/6/2017).

Adapun 3D yang dimaksud adalah metode pengecekan uang secara manual yang bisa dilakukan seluruh masyarakat. 3D adalah dilihat, diraba, dan diterawang.

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Suhaedi mengatakan, ada 8-12 unsur pengaman di dalam uang rupiah.

Semakin tinggi pecahannya, maka semakin banyak unsur pengamannya. Contohnya, seperti di dalam uang Rp 100.000 ada 12 unsur pengaman.

“(unsur pengaman) baik yang ada di bahan uang itu sendiri seperti watermark, benang pengaman, maupun yang ada di proses cetak,” kata Suhaedi.

Melalui metode “dilihat”, masyarakat dapat melihat warna uang lama maupun uang baru tersebut. Apakah berwarna terang atau kusam.

Sedangkan melalui metode “diterawang”, masyarakat dapat menerawang uang yang diterima. Apakah watermarknya terlihat, gambarnya masih terlihat, kesesuaian bentuk, hingga gambar pahlawan yang ada di uang tersebut.

“Kemudian diraba, ada bagian tertentu memang sengaja dibuat agak kasar. Khusus mengenai uang baru tahun emisi 2016, untuk tunanetra bisa diraba khusus agak kasar dan kemudian ada beberapa lagi yang bisa berubah warna kalau dilihat dengan kemiringan tertentu,” kata Suhaedi.

Menurut Suhaedi, dengan menggunakan metode 3D, masyarakat sudah mampu membedakan mana uang asli ataupun palsu. Jika ada keraguan, Suhaedi mengimbau masyarakat untuk segera melaporkannya ke pihak kepolisian.

Berita sebelumyaInilah Alasan Mengapa Memar Membuat Warna kulit Berubah
Berita berikutnyaMini Cooper Terbaru Uji Kecelakaan