Jelang Lebaran, Masyarakat Dihimbau Waspadai Peredaran Daging Celeng

0
271

Menjelang hari raya Idul Fitri 2017, Kepala Badan Karantina Kementerian Pertanian (Kementan), Banun Harpini, mengimbau masyarakat untuk lebih waspada terhadap peredaran daging celeng.

Menurut Banun, selama ini masih ditemukan kasus penyelundupan daging celeng yang beredar di tengah masyarakat.

Ia menuturkan, kasus peredaran daging celeng tersebut banyak ditemui masuk ke wilayah Jawa seperti di Cilegon, Banten.

“Di Cilegon (temuan), itu dari Sumatera, Jambi, Padang, Sumatera Selatan, masuk ke Jawa, cegatnya di Cilegon. Nggak (hanya Ramadhan), itu sebelum Ramadhan juga,” ujar Banun di Kantor Pusat Kementan, Jakarta, Kamis (8/6/2017).

Ia menjelaskan, daging celeng merupakan daging yang sangat bahaya untuk dikonsumsi masyarakat, karena daging tersebut merupakan hasil buruan dan dipotong tanpa memperhatikan sisis kebersihan atau higienitas.

“Karena barang itu diburu, nggak ada sanitasi yang baik. Dan itu masyarakat tidak tahu bentuknya, orang awan tidak tahu karena masih fresh. Itu hasil buruan tidak dipotong secara higienis,” papar Banun.

Banun mengatakan, pasokan daging celeng terus tersedia karena masih adanya permintaan dari masyarakatn atau oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Sangat murah (harganya). Konon katanya kalau beli di sana Rp 10.000 sampai Rp 15.000 per kilogram. Itu tidak hanya Ramadhan memang begitu. Kelihatannya juga karena ada demand-nya, makanya itu terus terjadi.

Yang pernah ditemukan polisi itu dijadikan oplosan untuk bikin (makanan) olahan,” lanjut Banun.

Maka dari itu, Banun menghimbau kepada masyarakat agar lebih waspada dan selektif dalam membeli daging untuk kebutuhan Lebaran.

“Jangan hanya memilih barang yang murah dan ketelusurannya kita tidak bisa yakini. Kenali ciri-ciri daging sehat yang warnanya masih cerah, kemerahan cerah, baunya segar. Kalau anyir bisa diduga proses penyembelihan dan lain-lain sudah nggak benar,” papar Banun.

Berita sebelumyaTampan Tapi Jomblo? Mungkin Ada Belum Mencoba Seperti Ini
Berita berikutnyaTimnas Indonesia Kalahkan Kamboja