Libur Lebaran, Diprediksi Dua Juta Kendaraan Melintas Tol Tangerang-Merak

0
103
Pintu tol Tangerang-Merak. (Palapa News)

Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti ( MMS), Krist Ade Sudiyono memperkirakan jumlah kendaraan yang akan melewati jalan tol Tangerang-Merak saat libur Lebaran 2018 akan mencapai lebih dari dua juta unit.

“Angka tersebut merupakan jumlah kendaraan saat arus mudik, arus balik dan wisata selama libur nasional, jumlahnya naik 5,6 persen dibandingkan libur Lebaran 2017,” kata Krist di Ciujung, Kabupaten Serang, Banten, Kamis (25/5/2018) malam WIB.

Krist juga menduga saat arus puncak diperkirakan kendaraan yang masuk Tol Tangerang-Merak akan mencapai 163 ribu kendaraan, sedangkan lalu lintas harian rata-rata saat normal 139.000 kendaraan.

“Jumlahnya sangat besar butuh kerja sama antarinstansi, termasuk polisi agar lalu lintas dapat dikendalikan,” ujar dia.

Namun, kata Krist, ada hal yang harus diwaspadai yakni penumpukan kendaraan yang ingin menyeberang mengingat kapasitas kapal ferry hanya 10.000 kendaraan per hari, sedangkan di saat libur Lebaran jumlahnya bisa mencapai 20.000 kendaraan.

Krist mengatakan dalam rangka pengendalian kendaraan MMS akan berkoordinasi dengan seluruh instansi mulai dari manajemen PT ASDP Indonesia Ferry, Dinas Perhubungan Provinsi, kepolisian, sampai ke Dinas Pariwisata.

Ia mengatakan dilibatkannya Dinas Pariwisata Provinsi Banten dalam Lebaran kali ini sebagai upaya turut mendukung upaya pemerintah setempat meningkatkan kunjungan wisatawan karena di sepanjang jalan tol terdapat pintu-pintu keluar untuk menuju objek wisata yang menarik.

“Banten itu dikenal bukan saja wisata alamnya yang indah, tetapi juga wisata religi, budaya dan kuliner yang sangat beragam,” ujar Krist dilansir dari Antara.

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati menyatakan sangat menyambut bagi dukungan MMS untuk mendorong pariwisata di Provinsi Banten apalagi dengan kondisi jalan tol sekarang ini yang sangat terpelihara dengan baik.

Eneng mengatakan tema Lebaran yang diusung MMS kali ini, salah satunya bertajuk “Ayo Ke Banten: Silaturahmi Sembari Wisata di Banten” akan dapat mendongrak pendapatan dari sektor pariwisata yang diujungnya juga akan meningkatkan ekonomi masyarakat lokal.

Eneng mengatakan Pemerintah Provinsi Banten memiliki program untuk mempromosikan 10 tujuan wisata unggulan yang seluruhnya dapat diakses melalui Jalan Tol Tangerang-Merak yang dapat dimanfaatkan masyarakat saat libur nasional nantinya.

Lokasi-lokasi tersebut diantaranya Pantai Anyer sampai Cinangka, Pantai Sawarna, Leuwidamar, Rawa Arum Cilegon, Tanjung Lesung, Carita, Banten Lama, Cisadane, Tangerang Utara, dan Ujung Kulon. Bahkan dari 10 tujuan wisata tersebut, tujuh diantaranya masuk dalam program tujuh keajaiban (seven wonder) Provinsi Banten, jelas Eneng.

Eneng juga menyampaikan Pemprov Banten saat ini terus melakukan revitalisasi Kesultanan Banten di Banten Lama dan Tanjung Lesung sebagai upaya meningkatkan pariwisata.

“Promosi pariwisata harus dibarengi dengan perbaikan infrastruktur penunjang seperti air bersih, toilet, dan lain sebagainya agar ekspektasi pengunjung terhadap promosi yang ditawarkan sesuai harapan. Karena kalau sampai tidak sesuai harapan maka pengunjung itu akan kapok ke lokasi tersebut,” kata Eneng.

Sumber: Netralnews.com

Berita sebelumyaDarmin Nasution: Operasi Pasar Perlu Diperluas
Berita berikutnyaAngkut Pemudik, Pelni Siapkan Lima Kapal