ESDM: Penerapan Aturan Smelter Berjalan Baik

0
114
Kementerian ESDM mengungkapkan saat ini perkembangan penerapan smelter dan kontrak kerja sejauh ini berjalan baik. (CRU)

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan saat ini perkembangan penerapan smelter dan kontrak kerja sejauh ini berjalan baik.

Hal itu diungkapkan Dirjen Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono di hadapan rapat kerja bersama DPR.

“Sejak dilakukan evaluasi terhadap CnC terhadap IUP berdasarkan UU Minerba, kita sudah melakukan koordinasi dan supervise. Koordinasi dan supervise ini dilakukan dua kali periode,” ujar Bambang di Komplek Senayan, Jakarta, Kamis (24/5/2018)

Pihaknya menjelaskan dalam wilayah terminasi, wilayah tersebut tentunya, dapat berubah dan ditetapkan menjadi WPN, WIUPK. Tahapan pertama, pendataan, lalu dilanjutkan evaluasi kewilayahan, lalu analisis keterdapatan potensi.

“Untuk penetapan izin pertambangan khusus, lalu perhitungan harga kompensasi data. Ini kalau di migas, signature bonus. Ini adalah untuk prosedur pengembalian. Alur penyiapan dan penetapan WIUP Mineral dan Batubara,” katanya.

Adapun pembahasan dalam rapat ini, yakni tindak lanjut terhadap IUP dan KK terminasi. Lalu, evaluasi izin ekspor mineral dan batu bara, dan pembangunan smelter. Serta, evaluasi realisasi DMO batu bara dengan harga USD70.

Sumber: Netralnews.com

Berita sebelumyaIni Harapan Menteri Sri Mulyani Buat Gubernur BI Anyar
Berita berikutnyaDPR Minta Gubernur BI yang Baru Perkuat Mata Uang Rupiah