Menteri Perdagangan Meminta Pemerintah Daerah Ikut Menjaga Stabilitas Harga Pangan

0
225

Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita meminta pemerintah daerah (pemda) ikut serta medalam menjaga stok dan stabilitas harga pangan di daerah masing-masing.

“Kita harap rekan-rekan kepala daerah turun dan awasi stok dan kondisi harga yang ada di pasar tradisional, maupun pasar retail modern,” kata Enggar di Jakarta, Rabu (7/6/2017).

Enggar mengungkapkan, kestabilan harga bahan pokok di retail modern lebih mudah dikontrol. Sebab, sudah ada kesepakatan antara pemerintah dengan para pengusaha.

“Retail modern adalah market leader. Mereka menjual harga bahan pokok dengan harga yang sudah ditetapkan dan disepakati,” kata dia.

Dia mengungkapkan, bahwa Kemendag telah memberikan arahan kepada jajarannya sebagai koordinator wilayah yang ditunjuk di daerah masing2 untuk melakukan pengawasan pasar.

“Seperti ilmu di partai, kita lakukan pola seperti itu, pakai Korwil, berjenjang,” ungkap politikus kelahiran Cirebon, 12 Oktober 1951 tersebut.

Enggar melanjutkan, tugas Korwil nantinya akan berkoordinasi secara langsung dengan dinas perindustrian dan perdagangan (Disperindag) di masing-masing daerah dimana para korwil itu ditugaskan, untuk menjaga stok dan stabilitas harga pangan.

“Korwil bertanggungjawab di provinsi. Kalau ada kenaikan harga, dia berhubungan langsung dengan disperindagnya untuk melaporkan, kita langsung ambil tindakan, itu daily,” kata dia.

Bahkan, Jika ada gejolak harga pangan di suatu daerah, Enggar mengancam akan memberikan sanksi kepada Korwil dan Disperindag yang tidak menjalankan tugasnya dengan baik.

“Kalau ada daerah bergejolak harga pangannya maka salah satu yang dihukum adalah Korwilnya. Karena kami anggap tak tanggung jawab atas gejolak yang ada,” kata dia.

Berita sebelumyaSekarang Beginilah Keadaan Omran, Bocah korban Suriah Tahun Lalu
Berita berikutnyaRaul Kagumi Prestasi Real Madrid