Sebanyak 10 Anak Usaha BUMN Ajukan Rencana IPO Tahun Ini

0
123
Kementerian BUMN. (Bisnis)

Kementerian Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) menyatakan telah menerima pengajuan rencana penawaran umum perdana saham (initial public offering/ IPO) dari 10 anak usaha dari perusahaan BUMN. Rencana pelepasan sebagian saham ke publik tersebut diharapkan dapat terealisasi pada tahun ini juga.

Meski demikian, Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN Aloysius Kiik Ro menyebutkan, kondisi pasar menjadi pertimbangan penting untuk menggelar rencana IPO tersebut.

“List-nya sudah ada anak usaha BUMN yang mau IPO, yang masuk usulan ke kita ada 10 di tahun ini. Tapi masih lihat situasi dan kondisi market dulu,” ujarnya di Gedung Bursa Efek Indonesia ( BEI), Jakarta, Rabu (9/5/2018).

Namun, ketika ditanyakan anak perusahaan BUMN mana saja yang telah mengajukan rencana tersebut, Aloysius enggan mengungkapkannya. “Saya belum bisa bilang,” ujarnya.

Di tengah kekhawatiran akan dampak negatif dari pelemahan nilai tukar rupiah yang terus berlanjut, Aloysius menegaskan, hal tersebut bukan menjadi kendala utama bagi rencana IPO anak usaha BUMN yang telah mengajukan diri. “IHSG anjlok atau nilai tukar rupiah melemah, saya tidak tau penyebabnya. Yang penting dalam rencana IPO ini, kita liat kondisi pasar akan seperti apa,” tandasnya.

Sumber: Netralnews.com

Berita sebelumyaKementan: Persiapan Bahan Pokok Hadapi Bulan Ramadan Aman
Berita berikutnyaJelang Ramadan, Harga Kebutuhan Pokok Belum Naik Signifikan