Harga Daging Ayam Tembus 30 Ribu

0
95
JELANG RAMADAN: Harga daging ayam potong di pasaran merangkak naik menjelang Ramadan. (Khawas Auskarni/RAME)

Menjelang Ramadan, harga daging ayam potong di seputaran Pasar Baru Lumajang terus merangkak naik. Rata-rata, pedagang menjual daging ayam di atas Rp 30 ribu per kilogram.

Naiknya harga daging ayam potong, menurut pedagang berlangsung sejak awal April. Rata-rata, kenaikannya sebesar Rp 700 dari harga sebelumnya. “Memang kenaikan tidak berlangsung setiap hari, tapi trennya terus naik. Belum pernah mengalami penurunan. Kebetulan saja, selama dua hari ini harga stabil,” ucap Siti Romlah, salah seorang pedagang daging ayam yang ditemui Jawa Pos Radar Semeru di Pasar Baru Lumajang, kemarin (27/4).

Harga terakhir yang dilepas Romlah ke pembeli adalah Rp 33 ribu per kilogram. Sementara, harga beli yang dia dapat dari produsen Rp 22 ribu per kilogram. “Sebelum terjadi gejolak harga, saya jual satu kilogram ayam potong Rp 28 ribu,” katanya.

Lebih jauh Romlah mengaku, naiknya harga daging ayam potong juga diiringi turunnya pasokan dari produsen. Saat harga masih stabil, dia bisa mendapatkan pasokan 63 hingga 65 kilogram per hari. Sejak beberapa pekan terakhir, produsen hanya memberinya jatah maksimal 45 kilogram per hari. “Itu pun kecil-kecil ukurannya. Kualitas super seperti yang sebelumnya saya jual, susah didapat dari produsen langganan,” tutur Romlah.

Melonjaknya harga juga diakui oleh Diyah Tirawati, pedagang daging ayam lain di Pasar Baru Lumajang. Dia melepas daging ayam ke pembeli Rp 32 ribu per kilogram. Sementara, harga yang harus dia bayar ke produsen langganannya Rp 26,5 ribu per kilogram.

Namun, dia tidak mengeluhkan sulitnya pasokan, sebagaimana yang dialami Romlah. Diyah tetap bisa memenuhi pasokan dagangan, sebagaimana saat harga masih normal. “Saya biasanya mengambil dari produsen langganan saya 50 kilogram per hari. Sampai saat ini, pasokan sejumlah itu masih bisa saya dapatkan. Kualitasnya pun juga tetap sama. Tidak lebih jelek dari sebelumnya,” terangnya.

Sumber: Jawapos.com

Berita sebelumyaJelang Ramadan, Bahan Kebutuhan Pokok Dipastikan Aman
Berita berikutnyaSoal Tenaga Kerja Asing (TKA) Ini Kata Kadin