Bank Dunia Tunjuk Profesor Goldberg Jadi Kepala Ekonom Baru

0
85

Bank Dunia pada Kamis (26/4/2018) mengumumkan pengangkatan seorang profesor Yale University, Pinelopi Koujianou Goldberg, sebagai kepala ekonom yang baru.

“(Goldberg) telah menghabiskan karirnya menguji banyak masalah paling kompleks yang mempengaruhi negara-negara berkembang, dan dia akan membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan paling penting – dan sulit – sekarang,” kata Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim dalam sebuah pernyataan.

Pertanyaan-pertanyaan semacam itu, kata Yong, “termasuk bagaimana membantu negara-negara berkembang mempersiapkan ekonomi masa depan, dan bagaimana memastikan kesetaraan kesempatan di mana pun di dunia.”

Penelitian Goldberg berfokus pada negara-negara berkembang dan telah banyak dikutip. Secara khusus, bidang minatnya termasuk efek perdagangan pada ketidaksetaraan dan produktivitas perusahaan, laba dan inovasi, serta penegakan hak kekayaan intelektual.

Seorang warga negara Yunani dan Amerika Serikat, ia adalah kepala editor wanita pertama di American Economic Review, salah satu jurnal paling berpengaruh di bidang ekonomi.

Sebelum menempati posisinya saat ini di Yale, Goldberg pernah bekerja di fakultas ekonomi di Princeton University dan Columbia University.

Bank Dunia mengatakan tanggal di mana Goldberg akan menempati pos barunya akan diumumkan segera, dilansir dari laman Antara, Jumat (27/4/2018).

Sumber: Netralnews.com

Berita sebelumyaKementan Jamin Stok Cabai Rawit Jelang Ramadan Cukup
Berita berikutnyaIndonesia Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi dengan Rusia