Lakukan 5 Cara Ini Biar Tak Bangkrut Setelah Liburan

0
179
Foto: Istimewa

Berkabar.ID – Liburan memang menjadi pilihan paling pas untuk melepas stres dan penat akibat pekerjaan dan rutinitas sehari-hari. Mendatangi tempat-tempat baru dan menghabiskan waktu di sana akan membuat kita lebih fresh dan bersemangat.

Namun kegiatan liburan tentu mebutuhkan sejumlah biaya. Bahkan terkadang liburan membutuhkan dana yang lumayan besar, tergantung ke mana kita akan menjalani liburan itu sendiri. Mahal atau tidaknya liburan yang kita jalani tentu sangat tergantung pada perencanaan dan bagaimana kita menjalaninya.

Bagi kamu yang kurang bisa mengontrol keuangan sehari-hari, kamu perlu mewaspadai biaya liburan. Karena jika tidak, kamu akan mendapat masalah keuangan pascaliburan. Liburan yang harusnya membuat kamu fresh dan bahagia malah akan membuatmu stres sekembali menjalani liburan.

Lalu, apa yang mesti dilakukan?

  1. Komitmen Dengan Budget yang Telah Disusun
pixabay.com

Buatlah rencana keuangan untuk memulai liburan dengan detail, dan tetaplah komitmen dengan rencana budget yang telah kamu susun. Catat semua keperluan dan perkiraan dari total uang yang akan kamu keluarkan selama liburan.

Kamu juga bisa memanfaatkan promo tiket pesawat maupun potongan diskon reservasi hotel untuk bisa meminimalisir biaya transportasi dan akomodasi.

2. Siapkan Dana Dalam Jumlah yang Tepat dan Hindari Utang

(Istimewa)

Jika anggaran keuangan sudah kamu buat, maka langkah selanjutnya adalah menyusun strategi untuk mempersiapkan anggaran tersebut dengan matang. Kumpulkan uang saku atau dari gajimu hingga terkumpul sesuai biaya yang akan dibutuhkan selama liburan.

Upayakan uang tersebut lebih dari yang kamu butuhkan. Hal ini berguna menjauhakan kamu dari masalah kekurangan dana selama liburan. Tidak hanya itu, hindari meminjam uang untuk melakukan perjalanan liburan. Karena hal ini akan membuatmu pusing dengan tagihan sepulang dari liburan.

3. Atur Jadwal dari Jauh-jauh Hari

kreditgogo.com

Cobalah mengatur jadwal liburanmu dari jauh-jauh hari, terlebih ketika kamu ingin pergi ke tempat yang jauh dan membutuhkan berbagai fasilitas, seperti pesawat dan hotel. Hal ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan sejumlah penawaran menarik dan lebih murah untuk berbagai kebutuhan liburan.

Tidak hanya itu saja, kamu juga dapat mencari informasi tujuan wisata yang lengkap agar lebih hemat jika kamu mengatur jadwal dari jauh-jauh hari.

4. Pilih Destinasi Liburan yang Murah

pcma.org

Pilihlah destinasi liburan yang tidak memakan banyak biaya. Saat ini sudah banyak destinasi liburan yang ramah dengan dompet. Jadi kamu tidak akan mengalami kesulitan keuangan sepulang berlibur nanti.

5. Kontrol Keinginan Belanja Saat Liburan

paydayloans.co.uk

Hindari belanja tanpa kontrol selama liburan, terutama untuk berbagai macam oleh-oleh yang terkadang jumlahnya berlebihan. Aturan ini juga berlaku ketika akan makan di tempat liburan, sebab biaya makan juga termasuk salah satu yang paling besar di dalam anggaran liburan.

Pilih tempat makan yang bersih dan murah agar hemat selama berlibur. Belilah oleh-oleh yang secukupnya saja, terutama untuk barang-barang yang ternyata tidak begitu bermanfaat.

Berita sebelumya4 Hal Ini Penyebab Anda Masih Kekurangan Uang Meski Sudah Bergaji Besar
Berita berikutnyaInilah Alasan Pemilihan Bamsoet Sebagai Ketua DPR Disebut Blunder