5 Tips Liburan Akhir Tahun yang Hemat dan Berkesan

0
272
Foto: opinaamericalatina

Berkabar.id – Tinggal beberapa hari lagi tahun 2017 akan segera berakhir. Setiap orang tentu ingin menutup akhir tahun dengan suka cita, salah satunya dengan cara liburan. Akhir tahun pun biasanya dihabiskan sebagai momen untuk liburan bersama keluarga, rekan, dan orang-orang tercinta.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan liburan akhir tahun. Salah satunya mempersiapkan kebutuhan liburan dari jauh-jauh hari. Hal ini tentu akan membuat biaya perjalanan lebih murah daripada dilakukan mendadak.

Jika akan mentukan liburan, cobalah lebih dulu menentukan tempat berlibur yang memang sesuai dengan budget yang sudah Anda siapkan. Untuk itu Anda perlu banyak persiapan dan mencari informasi.

Bila masih belum mengerti, berikut ini beberapa tips yang harus Anda lakukan jika ingin berlibur dengan budget yang pas-pasan tapi tetap berkesan. Seperti dirangkum Berkabar.id dari berbagai sumber.

1. Survei

Jika Anda memutuskan untuk liburan ke sebuah destinasi atau bahkan ke luar negeri, ada baiknya lakukan survei lebih dulu. Survei berguna untuk mencari informasi selengkap-lengkapnya, termasuk untuk tiket transportasi, penginapan dan lain sebagainya.

Hal yang perlu diperhatikan saat melakukan survei adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya yang berkaitan dengan rute pesawat, tiket, keberangkatan, hingga promo. Anda bisa melakukan survei melalui media sosial, website dan sebagainya.  Usahakan untuk melakukan survei paling lambat dua minggu sebelum hari H.

2. Buat Perincian Biaya

Membuat perincian biaya liburan perlu dilakukan untuk mengontrol pengeluaran Anda selama nanti liburan.  Tentukan budget minimal yang diperlukan untuk transportasi, akomodasi dan biaya makan sehari-hari. Kemudian sediakan juga budget ekstra untuk berjaga-jaga.

3. Mencari Penginapan yang Murah dan Layak

Menginap di hotel saat liburan tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit, terlebih jika Anda menginap di hotel berbintang. Untuk menyiasati hal ini, Anda bisa mencari tempat penginapan yang layak dengan harga yang terjangkau. Caranya Anda bisa mencari tempat penginapan secara online, apalagi saat ini sudah banyak aplikasi dan situs-situs web yang membantu merekomendasikan tempat-tempat menginap yang layak dengan harga terjangkau.

4. Jangan Malu Tanya Harga Sebelum Makan

Saat berkunjung ke tempat rekreasi, satu hal harus diperhatikan adalah biaya makan.  Cobalah untuk tidak makan di restoran mewah. Untuk menyiasatinya, Anda bisa makan di makan di warung makan tradisional yang ada di sekitar tempat wisata yang Anda kunjungi.

Tapi berhati-hatilah karena tak sedikit pemilik warung makan di lokasi rekreasi yang berlaku nakal dengan main asal tembak harga. Untuk menghindarinya, jangan malu untuk bertanya dulu berapa harga setiap menu yang dipesan. Bila perlu, catat dan rekam harga yang sudah disebutkan oleh pelayan restonya.

5. Beli Oleh-Oleh Dengan Bijak

Oleh-oleh tidak perlu mahal, karena yang terpenting berkesan.  Carilah oleh-oleh yang mencerminkan keunikan daerah tempat liburan yang Anda pilih. Karena itu akan lebih bermakna untuk orang-orang yang menerimanya.

“Nikmati Setiap Momen Liburan Anda”

Satu hal yang paling penting saat Anda melakukan perjalanan liburan: nikmatilah setiap detik liburan yang sedang Anda jalani. Lupakan sejenak pekerjaan dan urusan yang dapat mengganggu waktu liburan Anda.

Semoga tips di atas dapat membantu Anda untuk menyiapkan perjalanan liburan dengan hemat dan tetap berkesan di akhir tahun ini.

Editor: R. Shandy

Berita sebelumyaObesitas, Penyebab Kematian yang Kerap Disepelekan
Berita berikutnyaPrediksi Trafik Data Pengguna Naik 31%, Telkomsel Lakukan Langkah Antisipasi