Pembentukan Perusahaan Holding Diklaim Akan Perkuat Finansial BUMN Tambang

0
230

Berkabar.id – Pemerintah berharap dengan pembentukan induk usaha holding BUMN tambang bisa memberikan banyak manfaat. Karena tujuan utama dari pembentukan ini ada meningkatkan industri tambang dalam negeri.

“Sinergi BUMN pertambangan juga diharapkan meningkatkan efisiensi dan kekuatan finansial sehingga memudahkan pengembangan usaha khususnya di bidang hilirisasi,” ujar Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Fajar Harry Sampurno, Sabtu (25/11/2017).

Dalam pelaksanannya, tiga BUMN diantaranya, PT T Aneka Tambang (Persero) Tbk, PT Bukit Asam (Persero), dan PT Bukit Asam (Persero) TBK akan melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa. Ketiga BUMN itu akan melakukan perubahan anggaran dan mengalihkan kepemilikan mayoritas semula dari negara menjadi PT Inalum (Persero).

“Jadi, RUPSLB nanti agenda utamanya untuk permintaan persetujuan pemegang saham terhadap adanya perubahan pemegang saham ke PT Inalum (Persero) yang 100 persen dimiliki negara,” lanjut Harry.

Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis, Hambra mengatakan, BUMN akan memperlakukan ketiga holding BUMN dengan sama untuk hal-hal yang sifatnya strategis. Sehingga negara tetap memiliki kontrol terhadap ketiga perusahaan tersebut.

“Segala hal strategis yang dilakukan oleh perusahaan anggota holding, semua tetap dalam kontrol negara sama dengan sebelum menjadi anggota holding, termasuk yang terkait hubungan dengan DPR apabila akan diprivatisasi,” jelas Hambra.

Berita sebelumyaKasus Novanto Bagai Tsunami di Tubuh DPR
Berita berikutnyaTerlalu Sering Konsumsi Mie Berdampak Buru Bagi Kesuburan Wanita