Lakukan Cara ini Untuk Menghemat Pengeluaran Saat Ramadhan

0
183

Bulan Ramadhan hanya tinggal menghitung hari, bila tidak ada perubahan, Bulan Suci yang sudah sangat di tunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di dunia ini di perkirakan jatuh pada tanggal 27 mei 2017.

Di indonesia, kedatangan bulan ramadhan juga kerap ditandai dengan kenaikan harga barang kebutuham pokok. Karena pola konsumsi masyarakat indonesia justru semakin meningkat. Inilah yang salah satu alasan naiknya harga kebutuhan pokok .

Maka dari itu, agar anda bisa khusyuk menjalankan ibadah selama bulan Ramadhan tanpa harus pusing memikirkan masalah keuangan,  lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Buatlah Rencana Menu Satu bulan

Cara ini untuk membantu anda fokus pada kebutuhan utama, dengan membuat daftar menu keluarga selama satu bulan penuh saat Ramadhan.  Membuat rencana menu selama satu bulan penuh dapat membantu anda untuk memilah mana saja barang dan bahan yang memang dibutuhkan.

  1. Belanja Lebih Awal

Dengan belanja diawal sebelum masuknya bulan ramadhan kemungkinan besar anda akan terhindar dari inflasi harga bahan pokok. Karena setelah masuk bulan ramadhan biasanya harga terus menerus naik.

  1. Mencicil Kebutuhan Lebaran

Dari sekian banyak kegiatan saat bulan ramadhan, Hari Lebaran menjadi puncaknya konsumsi masyarakat.  Maka dari itu, Sebelum mendekati hari raya, ada baiknya anda mencicil kebutuhan lebaran dari jauh-jauh hari. Karena dengan begitu anda tidak akan mengeluarkan banyak uang secara langsung dan membuat anda kaget melihat isi dompet dan saldo di rekening anda.

Dan ingatlah prinsip “ Utamakan Kebutuhan Dibanding Keinginan”

Itu beberapa tips untuk mengatur keuangan selama Bulan Ramadhan. Selamat mencoba dan selamat menyambut bulan suci Ramadhan.

Berita sebelumyaBripda Ridho, Polisi Korban Bom Melayu Dimakamkan di Lampung
Berita berikutnyaKepolisian Manchester menangkap keluarga pelaku bom bunuh diri