Ini Alasan Kenapa Indonesia Masih Impor Singkong

0
290

Anda tentu tau tanaman singkong,  komoditas pangan yang satu ini tentu sering kita temui dan banyak tumbuh di lahan-lahan pertanian di indonesia, namun harus anda ketahui, bahwa indonesia  yang notabennya negara dengan tanah yang subur tetapi masih mengimpor produk bahan pangan  salah satunya singkong.

Melansir Badan Pusat Statistik, tercatat indonesia masih mengimpor singkong dari Vietnam. Sepanjang Januari-April 2017, impor singkong vietnam mencapai 1.234 ton dengan nilai US$ 499.8 ribu.

Direktur Jendar (Dirjen) Tanaman Pangan Kementrian Pertanian, Gatot Irianto, menjelaskan bahwa impor singkong terjadi karena tata niaga produk itu belum diatur.

“Jadi intinya, tata niaganya (harus) diatur, kalo dibebaskan jadinya seperti itu,” ungkap Gatot di Jakarta, Selasa (23/05/2017)

Gatot  menjelaskan , jika tata niaga singkong diatur seperti komoditas lainnya maka bisa menekan pengurangan jumlah impor dan kembali mengangkat harga jual singkong hasil petani lokal.

Idealnya harga singkong  Rp 700/kg di tingkat petani. Dengan harga segitu menurut gatot petani akan kembali bergairah untuk meningkatkan jumlah produksi lokal.

“Antara Rp 600 – Rp 700, petani mendapatkan untung. Sekarang mungkin harganya sekitar Rp 400-an” tutur Gatot.

Gatot menjelaskan,  pihaknya masih berfokus mengatur komoditas pangan selain singkong dan memastikan secara bertahap akan mengatur tata niaga singkong.

“Tapi kasih waktu dulu, karena kita sedang  fokus jagung, padi, dan kedelai. Ya mesti diatur, tetapi bertahap, karena satu komoditas saja sulit kita” lanjut Gatot. (Roni)

Berita sebelumyaGila, Pasangan Ini Menikah Tanpa Busana
Berita berikutnyaKim Woo Bin Terjangkit Kanker Nasofaring