Bulog Tekan Harga Bawang Putih di Bengkulu

0
172

Harga bawang putih di pasar tradisional Bengkulu terus melambung tinggi, di tingkat pengecer. Bawang putih yang biasa dijual dengan harga kisaran Rp 48 ribu per kilogram (kg) naik menjadi Rp 65 ribu per kg

Salah satu pedagang di pasar Pagar Dewa Kota Bengkulu, Medi Siregar menuturkan, meroketnya harga bawang putih sudah terjadi sejak dua pekan lalu secara bertahap. Kenaikan harga bawang putih bisa saja terus terjadi sepanjang mei mengjelang bulan Ramadhan.

“Harga memang sudah tinggi di tingkat agen,” ujar Medi di Bengkulu (19/5/2017).

Salah satu pedagang bumbu dapur di Pasar Panorama, Bengkulu, Nurjanah Harahap mengatakan, kenaikan harga bawang putih memang susah dikendalikan. Sebab Bengkulu tidak memiliki wilayah penghasil bawang putih. Hal ini berbanding terbalik dengan harga bawang merah yang dijual dengan harga Rp 20 ribu per kg di tingkat pengecer.

“Harga diatur sama agen, berapapun mereka pasang, kita tetap beli untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan,” tutur Nurjanah.

Kepala Perum Bulog Divisi Regional Bengkulu Sebali Agung Gunawan mengatakan, untuk menekan melonjaknya harga bawang putih, pihaknya melakukan antisipasi dengan melepas bawang putih ke masyarakat melalui Rumah Pangan Kota atau RPK. Saat ini terdapat 450 RPK yang tersebar di seluruh wilayah dalam Provinsi Bengkulu.

“Kita tekan harga itu melalui RPK yang hanya melepas bawang putih di harga 45 ribu rupiah per kilogram,” tegas Subali.

Sebali Agung Gunawan meminta masyarakat untuk tidak panik menghadapi permainan harga di tingkat pengecer tersebut. Meskipun tidak semua RPK menjual bawang putih, tetapi di semua ibukota kabupaten dipastikan menyediakan stok bawang putih untuk dijual.

Perum Bulog bersama Pemerintah Provinsi Bengkulu dan aparat keamanan saat ini juga telah membentuk Satgas Ketahanan Pangan yang akan terus memantau pergerakan harga komoditas di pasar tradisional. Pihaknya berharap jika menemukan ada permainan harga dalam rantai distribusi segera melapor kepada tim yang sudah dibentuk. -Roni

Berita sebelumyaDuterte : Karena masalah sengketa, Cina mengancam perang
Berita berikutnyaPrediksi Juventus vs Crotone