JK Ungkap Ketimpangan Bisa Dilihat Dari Perbedaan Gaji Di Jakarta

0
293

Wakil presiden saat ini, Jusuf Kalla (JK), berbicara mengenai contoh jurang perbedaan antara yang kaya dan yang miskin di indonesia, salah satunya dapat dilihat dari tingkat pendapatan di Jakarta.

“Banyak ukuran untuk melihat ketimpangan itu bagaimana. Ada ketimpangan karena pendapatan tentu. Tapi kalau di Indonesia, di Jakarta antara pendapatan terendah dengan pendapatan tertinggi, bisa ratusan kali perbedaannya. Antara UMR (Upah Minimum Regional) dengan gaji profesional yang tinggi mungkin bisa 100 kali perbedaannya,” kata JK di acara Indonesia Development Forum (IDF) di Hotel Westin, Jakarta, Rabu (9/8/2017).

Selain itu, kata JK, ketimpangan yang terjadi juga bisa dilihat secara per sektor.

“Begitu juga pendapatan per sektor. Petani, industri, juga profesi lain. Guru, dokter, tentu mempunyai suatu perbedaan yang menyebabkan ketimpangan itu terjadi, namun juga akhirnya apabila kita ukur ketimpangan dari kemiskinan, tentu yang utamanya harus kita perhatikan adalah produktivitasnya. Berapa produktivitas petani, berapa produktivitas lainnya,” kata JK.

“Banyak ukuran untuk melihat ketimpangan itu bagaimana. Ada ketimpangan karena pendapatan tentu. Ada ketimpangan antar sektor, antar petani, industri, dan sebagainya. Juga ketimpangan berapa terendah dan tertinggi pendapatan,” tambahnya.

Menurut JK, kita masih harus bersyukur melihat kesenjangan yang diukur dengan rasio ini mulai membaik. Namun ternyata hal tersebut lebih banyak menyentuh asoek konsumsi, bukan pada aspek pendapatan.

“Rasio gini memang tentu kita bersyukur mengalami perbaikan sedikit. Tapi itu rasio gini dari segi konsumsi, kita belum melihatnya dari pendapatan. Apabila gini rasio pendapatan mungkin saja berbeda hasilnya dari sisi konsumsi. arena itu usaha keras kita semua untuk meningkatkan produktivitas, barulah menjadi baik gini rasio pendapatan atau produktivitas itu berbaik semuanya,” tutup JK.

Berita sebelumyaValerie Thomas Acungkan Jari Tengah Pada Wartawan. Kenapa?
Berita berikutnyaAsyik Joget Bareng Biduan Di Acara Dangdutan, Eh Istri Datang….