Amnesti Internasional Usulkan Wiranto dan Ryamizard Ryacudu Dicopot

0
217
foto: dok. Tribunneews.com

Menkopolhukkam Wiranto, dan Menhan Ryamizard Ryacudu diusulkan dicopot dari jabatannya. Usulan ini datang dari Amnesty Internasional Indonesia pada saaat diskusi di kawasan Cikini, Jakarta pada Minggu (14/5) kemarin.

Usman Hamid, selaku Direktur Eksekutif Amnesti Internasional Indonesia menyatakan, kedua nama tersebut memiliki track record yang buruk pada kasus pelanggaran HAM di pemerintahan sebelumnya. “Wiranto banyak dikritik masyarakat, salah satunya korban tragedi Semanggi,” katanya.

Selain itu, menurut Usman, Wiranto juga masuk dalam daftar nama high level suspect badan PBB yang dibentuk Kofi Annan. “Reputasi ini membuat dunia melihat sebelah mata pada keseriusan Indonesia untuk menyelesaikan kasus pelanggaran HAM,” tambahnya.

Sedangkan Ryamizard, dinilai Usman, terlalu sulit melihat arah perkembangan reformasi TNI dan pertahanan. Sebab itu, Usman meminta Presiden Joko Widodo untuk menimbang kembali kedua orang tersebut.

“Saya hanya mengusulkan, alangkah baiknya jika orang yang tepat yang duduk pada dua posisi tersebut. Itu sepenuhnya otoritas presiden,” jelas Usman.

Lalu Usman menilai kalau Gubernur Lemhanas, Agus Widjojo atau Dubes Indonesia untuk Inggris, Rizal Sukma sebagai nama yang tepat menggantikan kedua menteri tersebut.

Menurut Usman, Agus memiliki kecerdasan intelektual yang tinggi serta memahami dunia pertahanan. Sedangkan Rizal pernah turut bagian dalam menelurkan UU TNI, UU Pertahanan, UU Kepolisian dan UU Intilijen. (lia joulia)

Berita sebelumyaJokowi Hadiri KTT BRI di Cina
Berita berikutnyaVonis Ahok Bukti Hukum Tajam ke Atas