Jokowi Hadiri KTT BRI di Cina

0
198

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo berkunjung ke Negeri Tirai Bambu dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Belt and Road Initiative (KTT BRI). Jokowi berada di Cina sejak kemarin, Minggu (14/5)

KTT BRI bertujuan membahas lebih dalam upaya untuk menghidupkan kembali Jalur Sutra, sebuah gagasan yang dilontarkan oleh Presiden Xi Jinping pada tahun 2013.

Dikutip dari The Guardian, selain Presiden Joko Widodo, Presiden Rusia Vladimir Putin, Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif, dan Aung San Suu Kyi dari Myanmar. Dikabarkan juga akan hadir dalam KTT BRI.

Kerja sama di bawah kerangka BRI ini merupakan bentuk strategi pertumbuhan ekonomi terutama antara China dan seluruh negara Eurasia. BRI terdiri atas dua komponen utama jalur ekonomi yaitu Jalur Sutra Darat dan Jalur Sutra Maritim.

Dikutip dari South China Morning Post, Presiden Jokowi mengatakan akan mencari tahu lebih dalam tentang inisiatif pembangunan global ini dalam pelaksanaan KTT BRI.

“Saya ke China untuk mengetahui lebih rinci manfaat yang dapat diperoleh Indonesia jika bergabung dengan keanggotaan, dan ini akan menjadi perhitungan buat saya,” ujar Jokowi.

Selama kunjungan ke Beijing, Presiden Jokowi juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan presiden Swiss, perdana menteri Fiji, dan sekretaris jenderal Partai Demokratik Liberal Jepang. (Ibay)

Berita sebelumyaBegini Cara Kerja Ransomware Lumpuhkan Komputer Anda!
Berita berikutnyaAmnesti Internasional Usulkan Wiranto dan Ryamizard Ryacudu Dicopot