Komisi IX DPR Minta Importir Mie Samyang Ditindak Tegas

0
543

Pasca beredarnya surat penarikan mie Samyang oleh BPOM di masyarakat luas, Komisi IX DPR meminta BPOM dan Kementerian Perdagangan menerapkan sanksi dan tindakan tegas kepada importir yang tidak jujur, termasuk importir mie Samyang ini.

Diketahui, dalam temuannya di lapangan, BPOM mendapati sejumlah mie asal negeri gingseng ini mengandung babi namun tidak diberi label ‘mengandung babi’ dalam kemasannya.

“Tindakan tersebut merupakan tindakan penipuan yang dilakukan importir pada konsumen Indonesia. Ini harus ditindak tegas agar kejadian seperti ini tidak terjadi lagi di masa yang akan datang,” kata Wakil Ketua Komisi IX Saleh Daulay.

Menurut Saleh, sanksi dan tindakan tegas itu bisa dilakukan sesuai dengan tingkat kelalaiannya, seperti sanksi administratif hingga sanksi pencabutan izin importir.

“Ada aturan dan ketentuan mengenai hal ini. Pemerintah tentu akan merujuk pada aturan perundangan yang ada itu,” kata Saleh.

Dengan sanksi dan tindakan tegas ini, menurut Saleh, diharapkan para importir tak hanya memikirkan keuntungan saja, akan tetapi juga keamanan dan kenyamanan konsumen harus jadi prioritas. (lia joulia)

 

Berita sebelumyaNeymar Pertama, Dele Alli Ke Dua, Hingga Terlemparnya Ronaldo di Sepuluh Besar
Berita berikutnyaWaspada! Penyakit Ini Sering Muncul Saat Musim Mudik