Hati-hati, Empat Produk Mie Instant Ini Mengandung Babi

0
1061

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) meminta agar produk mie instant asal Korea yang positif mengandung fragmen DNA spesifik babi ditarik peredarannya di masyarakat.

Keempat produk tersebut adalah Samyang dengan nama produk mie instant U-Dong, Samyang dengan nama produk mie instant rasa Kimchi, Nongshim dengan nama produk Shin Ramyun Black, dan Ottogi dengan nama produk Yeul Ramen.

Surat nomor IN.08.04.532.06.17.2432 itu memberi instruksi pada Kepala Balai Besar/Balai POM untuk menarik produk mi instan tersebut di seluruh Indonesia.

Sebelumnya, BPOM telah memerintahkan importir untuk menarik keempat produk tersebut dari pasar.

“Iya benar, BPOM memang meminta kepala balai untuk menarik peredaran produk tersebut di masyarakat, dan ini sudah melalui tahapan. Seharusnya penyalur atau importir yang menarik itu sesuai dengan peraturan yang ada,” kata Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan DKI Jakarta, Dewi Prawitasari saat dikonfirmasi pada Minggu (18/6/2017).

Menurut Dewi, Produk-produk tersebut memang sudah diddaftarkan registrasi makanan ke BPOM, dan BPOM sudah memberi registrasi yang berbeda, serta meminta importir untuk memberi tempel gambar babi bagi produk yang mengandung babi. Tapi dalam temuan lapangan, produk-poduk tersebut tidak mencantumkan peringatan “mengandung babi” pada kemasannya. Setelah di uji, produknya positif mengandung fragmen babi.

Balai POM akan melakukan pemantauan di sarana distribusi retail produk yang menjual produk tersebut, termasuk di antaranya importir/distributor, toko, supermarket, hypermarket, pasar tradisional, atau sarana yang sering melakukan pelanggaran di wilayah kerja Balai POM masing-masing. (Adfi)

Berita sebelumyaBerdasarkan Survei, Inilah Waktu Terbaik Dan Terburuk Untuk Mudik Lebaran 2017
Berita berikutnyaBetrand Antolin Buka Rahasia Persahabatan Jupe dan Ayu Ting Ting