Fadli Zon: Presiden Jokowi Harus Hentikan Kasus Kriminalisasi Ulama

0
293

Beberapa ulama di beberapa daerah saat ini menghapi sejumlah kasus tuduhan kriminal di kepolisian. Sebagian dari mereka diduga diduga menyebarkan opini kebencian kepada Pemerintah dan tuduhan makar menggulingkan pemerintahan.

Penangkapan itu mengundang reaksi di sebagian masyarakat dan kritikan dari sejumlah kalangan karena dianggap kriminalisasi. termasuk kritikan dari Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon.

Saat ditemui di Komplek DPR/MPR RI pada Sabtu (10/6) kemarin, Fadli Zon berpendapat seharusnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) turun tangan mengintervensi kasus kriminalisasi yang menimpa para ulama ini.

Menurut Fadli, para ulama saat ini sudah menjadi korban pelanggaran HAM karena mereka tidak terbukti melakukan makar.

“Kalau tidak terbukti, harusnya dibebaskan bukan malah diperpanjang kasusnya. Kalau diperpanjang, itu artinya sudah melanggar HAM dalam berpendapat,” kata politisi Gerindra ini.

Fadli berpendapat, para ulama ini bisa melaporkan kasus mereka ke lembaga HAM internasional. Jadi sangat wajar bila Komnas HAM meminta penghentian kasus yang melibatkan ulama.

“Karena memang mereka tidak terbukti makar. Makar itu harus bersenjata,” jelas Fadli.

Sebelumnya, Komnas HAM telah meminta Presiden Jokowi untuk mengintervensi Polri agar menghentikan kasus kriminalisasi ulama. Hal ini dilakukan sebagai langkah komperhensif untuk menghentikan kegaduhan yang terjadi saat ini.

Munculnya dugaan kriminalisasi ulama yang marak terjadi saat ini telah menyebabkan fragmentasi sosial dan terganggunya integritas nasional.(dini)

Berita sebelumyaCelana Dalam Ungu Gaston Castano, Penyebab Kematian Jupe?
Berita berikutnyaBank Ini Terjual Seharga US$ 1