Wow, Anggaran Pansus Angket KPK Capai RP3,1 Miliar!

0
503

Anggaran Panitia Khusus (Pansus) Angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang sebesar Rp 3,1 miliar membuat kaget berbagai pihak. Pasalnya, hanya untuk tugas 60 hari ke depan, Pansus menghabiskan uang yang sangat banyak.

Ketua Pansus Angket KPK Agun Gunandjar Sudarsa enggan menjelaskan detil penggunaan dana tersebut. Yang pasti, katanya, dana tersebut sudah termasuk biaya kerja Pansus di luar rapat di DPR.

“Sudah termasuk konsinyering, kunjungan ke luar kota, utamanya untuk mengundang pakar, ahli yang terkait tugas pokok,” kata Agun usai rapat internal Pansus Angket KPK di Gedung DPR, Jakarta.

Pansus hanya memperlihatkan sekilas soal rincian anggaran tersebut. Salah satunya adalah pembiayaan rapat-rapat yang dianggarkan mencapai Rp 582,5 juta.

“(Yang paling besar) yang kami tahu untuk keperluan konsumsi rapat-rapat,” tuturnya.

Dalam rapat tersebut, Agun mengatakan pansus juga telah menyepakati kerangka acuan kerja yang tertuang dalam Term of Reference (TOR).

TOR ini nanti dikirim ke pihak terkait seperti pakar dan narasumber yang akan diperiksa sebagai acuan.

Selain itu, rapat Pansus Angket KPK juga telah menyepakati mekanisme kerja yang berbeda dari pansus sebelumnya.

Seperti diketahui, hak angket muncul setelah sejumlah anggota Komisi III melayangkan protes kepada KPK terkait persidangan kasus dugaan korupsi proyek e-KTP di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Dalam persidangan tersebut, KPK mengkonfrontasi pernyataan penyidik Novel Baswedan dengan politisi Hanura Miryam S Haryani bahwa, Miryam ditekan sejumlah anggota Komisi III DPR agar tak mengungkap kasus korupsi pengadaan e-KTP.

Menurut Novel, pernyataannya itu seperti diceritakan Miryam saat diperiksa di Gedung KPK.

Alhasil, pernyataan tersebut mengundangreaksi para anggota DPR sehingga muncullah penggunaan hak angket ini.

Komisi III pun mendesak KPK membuka rekaman pemeriksaan terhadap Miryam, yang kini menjadi tersangka pemberian keterangan palsu dalam kasus dugaan korupsi pengadaan e-KTP. (dini)

 

Berita sebelumyaPKS Tak Mau Tanggapi Anggaran Pansus Angket KPK
Berita berikutnyaMarquez Tercepat Di Latihan Keduanya