Ketua DPR Akan Fasilitasi UKW Bagi Wartawan Parlemen dengan Dewan Pers

0
80
Ketua DPR Bambang Soesatyo. (Netralnews/Dominikus)

Ketua DPR Bambang Soesatyo menyatakan dirinya siap memfasilitasi uji kompetensi wartawan (UKW) parlemen dengan Dewan Pers. Hal itu disampaikan saat buka bersama dengan wartawan parlemen di rumah dinas Ketua DPR RI, kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, Jumat (8/6/2018) malam.

“Sekarang ini, kita wartawan dituntut harus mempunyai sertifikat wartawan melalui uji kompetensi di dewan pers. Tetapi, biaya untuk ikut itu kan mahal. Sementara dari kantor tidak bisa atau tidak mau membiayai. Ini menjadi masalah bagi kami,” kata salah seorang wartawan saat sesi tanya jawab setelah buka puasa.

Bamsoet pun kaget mendengar bahwa banyak wartawan yang bertugas di Parlemen belum mengikuti Uji Kompetensi Wartawan atau UKW dari Dewan Pers. Bahwa, banyak yang belum mempunyai sertifikasi sebagai wartawan. Padahal, perusahaan mereka bekerja sudah mempunyai sertifikasi sebagai perusahaan pers.

Mendengar hal itu, Bamsoet menyanggupi untuk membantu fasilitasi dengan pihak Dewan Pers agar para wartawan parlemen yang belum mengikuti UKW akan daat mengikutinya sehingga menambah wawasan untuk meningkatkan provesi kejurnalisan mereka, kata dia.

Seperti diketahui, biaya untuk mengikut uji kompetensi wartawan sejauh ini rata-rata hampir Rp 3 juta. Biaya inilah yang menjadi hambatan para wartawan untuk ikut ujian terutama atas biaya sendiri.

Sumber: Netralnews.com

Berita sebelumyaBupati Tulungagung Serahkan Diri ke KPK
Berita berikutnyaBamsoet: DPR-MPR Sepaham soal Pancasila, Ini Penjelasannya