Kurangi Defisit Perdagangan, Amerika – Tiongkok Sepakat Kerja Sama

0
125
Amerika Serikat dan Tiongkok. (voa Indonesia/google)

Amerika Serikat dan Tiongkok sepakat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi defisit perdagangan barang-barang AS, menurut pernyataan bersama kedua negara yang dikeluarkan pada Sabtu (19/5/2018).

Defisit perdagangan AS akan berupaya diturunkan dengan membuat Tiongkok membeli lebih banyak produk-produk Amerika.

“Ada kesepakatan soal mengambil langkah-langkah efektif guna benar-benar menurunkan defisit perdagangan barang-barang Amerika Serikat dengan Tiongkok,” bunyi pernyataan bersama itu seperti dilansir Antara.

Pernyataan yang dirilis pada hari Sabtu itu menimbulkan nada damai. “Untuk memenuhi kebutuhan konsumsi yang meningkat pada masyarakat Tiongkok dan pentingnya pembangunan ekonomi berkualitas tinggi, Tiongkok akan secara signifikan meningkatkan pembelian barang dan jasa Amerika Serikat.” Pernyataan itu mengakhiri pembicaraan pada Kamis dan Jumat antara kedua negara, yang juga diikuti oleh sejumlah anggota menteri kabinet AS serta Wakil Perdana Menteri Tiongkok Liu He.

Presiden Donald Trump membuat pengurangan defisit perdagangan antara Amerika Serikat dan Tiongkok sebagai salah satu janji utamanya saat kampanye.

Pernyataan itu menyebutkan bahwa Tiongkok akan “mengupayakan perubahan-perubahan relevan pada undang-undang dan peraturannya” guna memungkinkan negara itu mengimpor lebih banyak dari Amerika, termasuk perubahan dalam hal undang-undang hak cipta.

Hanya sehari yang lalu, kedua negara itu sangat bertentangan dengan klaim, yang dibuat oleh Penasihat Ekonomi Gedung Putih, Larry Kudlow, bahwa Tiongkokakan bergerak untuk memotong defisit perdagangannya dengan AS sebesar US$200 miliar setiap tahun.

Sumber: Netralnews.com

Berita sebelumyaDidorong Segera Deklarasi Jadi Cawapres Jokowi, Airlangga Jawab Begini
Berita berikutnyaGandeng Si Juki, AIA Beri Asuransi Kecelakaan Gratis bagi Pemudik